Breaking News:

Tanaman Porang Jadi Unggulan, Ada 5.542 Hektar Lahan Food Estate di Bangka Belitung

Lahan seluas 5.542 hektar di Desa Batu Betumpang, Desa Serdang dan Desa Pergam, Kabupaten Bangka Selatan, disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
bangkapos.com
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bangka Belitung, Juaidi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Lahan seluas 5.542 hektar di Desa Batu Betumpang, Desa Serdang dan Desa Pergam, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Lahan tersebut disiapkan sebagai bentuk program pertanian atau food estate.

Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah, menyebutkan dengan program dari ketahanan pangan food estate diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Bangka Belitung.

Terutama dalam food estate ditanami tanaman porang, yang saat ini sedang laku di pasaran karena tanaman umbi-umbian ini digunakan sebagai bahan makanan, bahan obat dan bahan baku industri.

"Perlu dilakukan penanaman tanaman baru tanaman porang yang saat ini sedang populer. Porang ini tanaman yang menjanjikan dan memiliki pangsa pasar," kata Abdul Fatah kepada Bangkapos.com, Jumat (25/6/2021).

Menurutnya, perlu dilakukan peningkatkan kapasitas produksi dan kualitasnya, sisi produksi porang.

"Hal ini menjadi perhatian secara nasional, kita di Babel berusaha untuk mengembangkanya agar menjadu ketahanan pangan. Untuk tujuan memulihkan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Sedangkan untuk hal lain yang dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan, adalah pergerakan pasar harus di jaga, begitu pula dengan promosikan daerah.

"Pelaku-pelaku industri pangan di Babel untuk terus bergerak, seperti pengelolaan tepung tapioka, berbasis singkong, pabrik berbahan baku sagu, yakni sago mie dan sebagainya," ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung, Juaidi Rusli, mengatakan pemerintah Provinsi Bangka Belitung berupaya mengembangan tanaman porang sebagai bahan komoditas ekspor, selain lada dan buat sawit.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved