Breaking News:

Info PNS

Banyak yang Tak Siap, Inilah Tiga Syarat Utama PNS yang akan Beralih ke Jabatan Fungsional

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam peralihan dari jabatan struktural ke jabatan fungsional.

Penulis: Teddy Malaka (CC) | Editor: Teddy Malaka
Tribunnews/Jeprima
Ilustrasi PNS 

BANGKAPOS.COM -- Apa saja yang harus dipersiapkan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam peralihan dari jabatan struktural ke jabatan fungsional.

Melansir bkn.go.id, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan beberapa hal agar proses peralihan ini tidak menjadi permasalahan bagi pegawai.

“Permasalahan yang banyak dihadapi oleh PNS yang akan beralih ke jabatan fungsional saat ini adalah mereka tidak siap.

Pada jabatan struktural kita dituntut memiliki kompetensi manajerial yang baik.

Baca juga: Pengumuman CASN 2021 Bangka Belitung, Sebanyak 113 CPNS dan 851 Calon PPPK Guru.Direkrut Tahun Ini

Sementara pada jabatan fungsional kita dituntut untuk memiliki kompetensi teknis yang mumpuni,” kata Haryomo saat membuka secara langsung Workshop Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian di Wilayah Kerja Kantor Regional IV BKN, Rabu (23/6/2021).

Haryomo juga menyampaikan bahwa penilaian kinerja pada jabatan fungsional mengacu pada butir-butir kegiatan yang diatur lewat Peraturan Menpanrb,

“Tidak seperti jabatan struktural yang kinerjanya mengacu pada tugas dan fungsi serta SOTK instansi, jabatan fungsional merujuk pada butir-butir kegiatan yang terdapat pada PermenpanRB,” jelasnya.

Haryomo juga menyampaikan aspek kesejahteraan jabatan fungsional kepegawaian bahwa saat ini BKN tengah mengodok Peraturan Presiden (Perpres) terkait tunjangan jabatan fungsional kepegawaian.

Baca juga: Pengumuman CPNS 2021, Ini Daftar Instansi yang Telah Umumkan Formasi, Ada untuk Lulusan SMA dan SMK

Harapannya akan ada peningkatan terkait tunjangan jabatan tersebut.

“Seiring perkembangan penyederhanaan birokrasi, para PNS akan beralih kepada jabatan fungsional. Oleh karena itu, saya berharap workshop pembinaan ini dapat membantu para PNS untuk mendapat penjelasan terkait jabatan fungsional kepegawaian,” tutup Haryomo di hadapan para peserta yang merupakan perwakilan dari 76 instansi daerah di wilayah kerja Kanreg IV BKN yang hadir pada workshop yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian dan Kantor Regional IV BKN tersebut. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved