Breaking News:

Literasi Digital Ajak Peserta Latih dan Miliki Digital Skill

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan S.E, M.M sebagai keynote speaket memberikan sambutan Literasi Digital

Editor: nurhayati
Ist
Literasi digital Kementrian Kominikasi dan Informatika di Belitung Timur, Selasa (22/6). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng edukasi masyarakat agar paham akan literasi digital guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan literasi digital.

Untuk itu masyarakat secara bijaksana dalam menggunakan digital. Kegiatan literasi digital kali ini dilakukan di Belitung Timur, Selasa (22/6/2021) lalu.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr.H Erzaldi Rosman Djohan SE, MM sebagai keynote speaker memberikan sambutan bahwa literasi digital dari Kominfo ini sangat bermanfaat dalam membangun daerahnya masing-masing  oleh putra putri daerah melalui digital platform.

Narasumber I Gede Putu Krisna Julihata ST MT selaku Ketua Relawan TIK Bali dan Wakil Ketua III SMTIK Primakara membahas tema Pentingnya memiliki digital skil di masa pandemi Covid-19.

Menurut I Gede Putu Krisma Juliharta,  tantangan saat ini adalah Privacy dan Perlindungan Data. Karena itu perlu digital skil untuk orang tua.

“Perkuat komunikasi dengan anak, jangan berhenti belajar, Gunakan aplikasi parental control, diskusikan aturan main, Jadikan teman anak di online, gunakan internet bersama dan jadilah teladan digital bagi anak,” ungkap  I Gede Putu Krisma Juliharta.

Achmad Oki Surya SI Kom selaku Sekretaris Pusat Studi Kebudayaan Belitung  dan Staff Humas Diskominfo Belitung Timur menjelaskan definisi perilaku konsumtif dari beberapa sumber, antara lain, Sumartono (2020) : Perilaku konsumtif adalah tindakan untuk membeli suatu barang dengan mengutamakan faktor keinginan (want), dari pada faktor kebutuhan (need).

Selain itu dari sumber Piliang (2011) : Perilaku konsumtif ditandai dengan adanya kehidupan mewah dan berlebihan, pengguna segala hal dianggap mahal dan memberikan kepuasan.

“Karakteristik perilaku konsumtif lanjut Achmad ada beberapa faktor, diantaranya karena ada iming iming hadiah, kemasan yang menarik, karena gengsi dan berdasarkan harga bukan manfaat, sebagaimya. Cara menghindari gaya hidup boros di era digital membuat rencana/anggaran belanja online, Gunakan voucher belanja / discount secara bijak. Hindari penggunaan kredit online untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan, Matikan notifikasi aplikasi e commerce/market place,” saran Achmad Oki Surya.

Marsefio S Luhukay SSos MSI selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Pelita Harapan membahas tema Peran Prang Tua Dalam Memberikan Ajaran Tentang Keamanan Internet untuk Anak. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved