Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pinjam Uang ke PT SMI,Pemprov Babel Bakal Bangun Gendung Bunker Radio Theraphy Nilainya Rp 90 Miliar

Provinsi Bangka Belitung telah melakukan perjanjian untuk program pinjaman daerah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ke perusahaan BUMN

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Riki Pratama
Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno, Armayani Rusli. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Provinsi Bangka Belitung telah melakukan perjanjian untuk program pinjaman daerah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ke perusahaan BUMN PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), yang telah disetujui pemerintah pusat.

Peminjaman anggaran ke PT SMI berkisar Rp 245 miliar dilakukan oleh Pemprov Bangka Belitung untuk membiayai sejumlah proyek pembangunan di Babel.

Satu di antaranya kegiatan pembangunan gedung bunker radio theraphy RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno dengan total anggaran Rp 90,5 miliar dari uang pinjaman ke PT SMI.

Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir Soekarno, Armayani Rusli, mengatakan pembangunan radio theraphy tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun nanti.

"Tahun ini kita bangun gedung radio theraphy yang gunanya untuk meringankan masyarakat Babel untuk berobat, kerena dalam setahun 1.200 kasus kanker di Babel, masyarakat berobatnya harus ke Palembang dan Jakarta,"jelas Armayani Rusli kepada Bangkapos.com, Senin (28/6/2021) di Kantor Gubernur Bangka Belitung.

Selain itu, penyakit kanker banyak diderita oleh kalangan masyarakat miskin, sehingga diharapkan dengan adanya radio theraphy dapat meringankan beban masyarakat Bangka Belitung.

"Membantu masyarakat miskin, sehingga spirit gubernur memberikan fasilitas pelayanan terkini dan cangih, tepat guna dan tepat sasaran, karena daerah kita ini penyakit kanker banyak," kata Armayani.

Dia, menjelaskan untuk gedung radio theraphy total anggaran Rp 90,5 miliar, dengan pembagian gedung radio Rp 2,4 miliar, alat kesehatan (alkes) Rp 61,8 miliar, kamar jenazah Rp 2,4 miliar dan uninterruptible power supply (UPS) Rp 2,2 miliar.

"Nanti didukung UPS listrik karena sering naik turun, ini semua dari anggaran PT SMI semua dan dana BLUD sebagai pendampingan. Minggu ini kita Detail Engineering Design (DED) dahulu untuk kemudian pondasi yang kokoh, Oktober nanti baru mulai dibangun," tegasnya.

Selain itu, untuk menjalankan terapi, Armayani mengatakan pihaknya telah mensekolah dokter agar dapat 

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved