Breaking News:

Berita Bangka Barat

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Potensi Pariwisata Jadi Perhatian Pemkab Bangka Barat

Memiliki sejumlah tempat pariwisata indah seperti pantai Batu Rakit, wisata sejarah dengan bukit Menumbing hingga beragam kuliner

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Bupati Bangka Barat, Sukirman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Memiliki sejumlah tempat pariwisata indah seperti pantai Batu Rakit, wisata sejarah dengan bukit Menumbing hingga beragam kuliner membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat akan memaksimalkan potensi pariwisata.

Hal ini diungkapkan Bupati Bangka Barat, Sukirman saat dikonfirmasi Bangkapos.com, terkait pengembangan potensi wisata Kabupaten Bangka Barat.

"Ada beberapa unsur yang sangat menentukan dalam pengelolaan destinasi wisata antara lain daya tarik wisata, fasilitas, jasa pelayanan wisata. Serta akses kemudahan untuk mencapai destinasi wisata dan keramah tamahan, para pengelola objek wisata," ungkap Sukirman, Senin (28/06/2021) kepada Bangkapos.com.

Selain itu untuk destinasi pariwisata akan dilakukan penataan dengan dilengkapi sarana dan prasarana penunjang, agar semakin menarik saat dikunjungi wisatawan.

"Peran serta dan partisipasi masyarakat, juga sangat menentukan keberhasilan pengelolaan objek wisata. Pola kerjasama dengan pihak swasta dalam membangun potensi wisata yang dimiliki, merupakan konstribusi terbesar untuk peluang pertumbuhan ekonomi daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut Pemkab Bangka Barat juga diketahui giat mengadakan berbagai pelatihan, kepada masyarakat untuk mendukung potensi pariwisata lokal.

"Meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam tata kelola destinasi pariwisata, pemasaran produk pelaku usaha mikro kecil. Hal ini guna mendukung pengembangan bisnis sektor kepariwisataan, sehingga lebih maju dan berkembang," ucapnya.

Sementara itu peran media sosial dapat digunakan untuk mempromosikan objek wisata, serta berbagai produk olahan yang dapat dijadikan sebagai penunjang sektor pariwisata.

"Dapat mewujudkan peningkatan peran serta dan semangat kelompok masyarakat, dalam pemanfaatan potensi wisata baik alam maupun wisata buatan. Untuk dilengkapi dengan kulinernya ciri khas makanan lokal, sehingga dapat dikelola dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat," ungkap Sukirman. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved