Breaking News:

Literasi Digital Kota Pangkalpinang Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Digital Platform

Literasi digital kali ini dilakukan di Kota Pangkalpinang, Rabu (23/6).  

Penulis: iklan bangkapos | Editor: nurhayati
Ist
Literasi digital di Kota Pangkalpinang, Rabu (23/6).   

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus  melakukan literasi digital.

Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital serta menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform. Literasi digital kali ini dilakukan di Kota Pangkalpinang, Rabu (23/6).  

Dr Sutedi, S.Kom MTI selaku Ketua Program Studi Magister Teknik Informatika dan Relawan RTIK Lampung  menjelaskan digital skill yang diperlukan antara lain mampu : menggunakan gadget, mengerjaan disain grafis, foto dan video, copywriting, programing, data analisis, dan mampu mengamankan data.

Sedangkan menurut Sutedi, ada beberapa peluang di era digital, yaitu content creator / vlogger, youtuber, blogger, bisnis online, programmer, data scientist dan sebagainya.

“Tantangan di era digital adalah bagaimana memanfaatkan teknologi dalam menyelesaikan masalah, bagaimana meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja, bagaimana memberikan dampak positif bagi dunia usaha dan pendidikan, dan bagaimana menghindari dampak negatif,” ungkap Sutedi.

Eka Mahendra Putra yang menjadi Content Creator Social Media, memaparkan tentang demokrasi dan toleransi di media sosial diantaranya, akan selalu ada sudut pandang berbeda dalam demokrasi.

Berbeda tapi tidak harus dibeda bedakan, Yakini diri bahwa perbedaan itu indah, Jadikan media sosial sebagai ruang diskusi yang sehat.

“Menganggap perbedaan pemikiran dengan pihak lain adalah “aib” maka akan menimbulkan kebencian yang beranak pinak, dan akan fatal dalam toleransi berdemokrasi.  Tidak ada yang salah dengan perbedaan, yang salah hanya sudut pandang kita yang membuat terpisah,” ungkap Eka Mahendra Putra.

Muh Nur Fajar Muharom  sebagai Relawan TIK membahas tema Kenali dan Pahami Rekam jejaj Digital.

Jejak digital menurut Nur Fajar merupakan keseluruhan data digital yang membentuk jejak digital yang tersimpan di perangkat maupun yang tersimpan online.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved