Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Raup Untung Puluhan Juta Rupiah, Tiga Pengoplosan Gas Subsidi ke Tabung 12 Kg Ditetapkan Tersangka

Tiga pengoplos gas subsidi 3 Kg ke tabung gas 12 kg, sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres Pangkalpinang.

Penulis: Yuranda | Editor: El Tjandring
ist/Satreskrim Polres Pangkalpinang
Satreskrim Polres Pangkalpinang mengamankan barang bukti, dari toko Muhardi Effendi alias Aan di Jalan Kampak, Gerunggang Pangkalpinang, Sabtu (26/6/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tiga pengoplos gas subsidi 3 Kg ke tabung gas 12 kg, sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres Pangkalpinang.

Kepada Satuan Reserse dan Kriminal Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra mengatakan, para pelaku yang diantaranya Rudiansyah Alias Rudi (32), Rudi Nugraha alias Odeh (39), dan Muhardi Effedi alias Aan (53), sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini.

"Para pelaku sudah kami tetapkan menjadi tersangka dan ditahan untuk proses penyidikan lebih lanjut," kata AKP Adi Putra, kepada Bangkapos.com, Selasa (29/6/2021) pagi.

Namun Adi Putra belum menjelaskan secara detail keuntungan dari pengoplosan gas subsidi 3 kg ke tabung 12 kg digunakan untuk apa, serta penyuplai gas subsidi 3 kg dari mana.

Atas perbuatannya, para pelaku diancam dengan pasal 55 subsider pasal 53 huruf d UU RI No.22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas bumi ,yang diubah pada pasal 40 angka 8 dan 9 UU RI No.11 tahun 2020 tentang cipta kerja dan atau pasal 62 ayat (1) jo.pasal 10 huruf a UU RI No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen jo pasal 55 ayat (1) ke 1e KUHP.

Sebelumnya, Tiga kawanan pengoplosan gas subsidi 3 kg ke tabung 12 kg ini, yakni, Rudiansyah Alias Rudi (32) warga Desa Kace, Kabupaten Bangka, Rudi Nugraha alias Odeh (39) warga Keramat, Rangkui, dan Muhardi Effedi alias Aan (53) warga Gajahmada, Rangkui Pangkalpinang.

Ketiganya ditangkap, setelah polisi melakukan penyelidikan terhadap Rudi Nugraha, dan diamankan di kediamannya di Jalan Cempedak I, Keramat, Rangkui, Kota Pangkalpinang, Sabtu (26/6/2021).

Setelah melakukan pengembangan, polisi berhasil menangkap dua orang yang merupakan komplotan ini, di lokasi berbeda, Rudi Nugraha alias Odeh ditangkap saat memindahkan isi gas subsidi 3 kg ke tabung 12 kg, di belakang rumah kontrakan Rudiansyah.

Sedangkan, Muhardi Effendi alias Aan diamankan di tokonya di Jalan Kampak, Gerunggang Pangkalpinang. Berdasarkan informasi yang dihimpun Bangkapos.com, saat penangkapan Aan, sampat mengelak.

Setelah pihak kepolisian melakukan penggeledahan dan menemukan barang bukti di dalam tokonya, sejumlah tabung gas ukuran 3 Kg.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved