Breaking News:

Advetorial

BPJS Kesehatan dan Pemkab Bangka Barat Tandatangani Kesepakatan Bersama Universal Health Coverage

BPJS Kes bersama dengam Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melakukan penandatanganan kesepakatan bersama kepesertaan JKN-KIS bagi masyarakat Babar

Editor: nurhayati
BPJS Kesehatan dan Pemkab Bangka Barat Tandatangani Kesepakatan Bersama Universal Health Coverage
ist
BPJS Kesehatan bersama dengam Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melakukan penandatanganan kesepakatan bersama kepesertaan JKN-KIS bagi masyarakat Bangka Barat sekaligus meluncurkan Universal Health Coverage (UHC), Kamis (17/06).

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- BPJS Kesehatan bersama dengam Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melakukan penandatanganan kesepakatan bersama kepesertaan JKN-KIS bagi masyarakat Bangka Barat sekaligus meluncurkan Universal Health Coverage (UHC), Kamis (17/06).

Kabupaten Bangka Barat merupakan kabupaten ketiga di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah mencapai UHC.

Capaian ini sekaligus membawa harum nama Kabupaten Bangka Barat sebagai kabupaten pertama yang menorehkan predikat UHC di Pulau Bangka.

Bupati Bangka Barat, Sukirman mengatakan, adanya program UHC diharapkan dapat menjamin masyarakat Kabupaten Bangka Barat untuk mendapatkan kepastian jaminan pelayanan kesehatan.

"UHC sudah kita laksanakan. Tujuannya jelas, kita saat ini pesertanya sudah di 96,19 persen. Jadi kalau ada yang sakit, kalau dibawa ke Puskesmas atau dirujuk rumah sakit, mulai hari ini mereka tidak perlu bayar biaya berobat lagi," ujar Sukirman.

Untuk mendukung program UHC, Pemkab Bangka Barat telah menganggarkan sebesar 25 miliar rupiah. Program UHC memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Bangka Barat untuk akses berobat. Hanya dengan menunjukkan KTP sudah dapat dilayani karena terintegrasi dengan data BPJS Kesehatan.

"Sekarang tugas kita memperbaiki fasilitas dan kualitas pelayanan. Jangan ada lagi masyarakat yang ditolak karena tidak memiliki jaminan kesehatan karena seluruh penduduk Bangka Barat memiliki hak yang sama atas jaminan kesehatan. Lalu, izinkan kami untuk memperbaiki fasilitas pelayanan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Pangkalpinang, Rudy Widjajadi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat atas pencapaian UHC. 

“Kami sangat mengapresiasi dukungan pemerintah daerah atas tercapainya UHC ini berkat dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam memberikan kepastian jaminan Kesehatan bagi seluruh penduduk tanpa terkecuali. Kami yakin perlindungan Program JKN-KIS akan semakin luas dirasakan oleh masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Rudy.

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat, Marudur Saragih berharap program UHC juga perlu diimbangi dengan sarana pelayanan kesehatan yang memadai.

"Untuk Program JKN-KIS sudah bagus. Kami selalu mendukung Program Bupati Bangka Barat agar memberi pelayanan yang maksimal dan memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Bangka Barat," ungkap Marudur.

Hingga Juni 2021, pencapaian UHC di Kabupaten Bangka Barat mencapai 96,19 persen atau sebanyak 196.727 jiwa dari total 204.527 penduduk Kabupaten Bangka Barat yang telah terlindungi Program JKN-KIS. (RW/sa)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved