Breaking News:

Advetorial

BPJS Kesehatan Dukung Gerakan STBM di Kabupaten Belitung Timur

penerapan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) masyarakat Kabupaten Belitung Timur melalui program Organization Social Responsibility BPJSkes

Editor: nurhayati
BPJS Kesehatan Dukung Gerakan STBM di Kabupaten Belitung Timur
ist
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penerapan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dalam menyediakan sarana prasarana yang memadai khususnya di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Belitung Timur melalui program Organization Social Responsibility BPJS Kesehatan (22/6).

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Di dalam masa pandemi Covid-19, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi sangat penting untuk diterapkan.

Sebagai salah satu wujud kepedulian dari BPJS Kesehatan terhadap kondisi kesehatan masyarakat dalam kaitannya dengan penerapan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dalam menyediakan sarana prasarana yang memadai khususnya di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Belitung Timur melalui program Organization Social Responsibility BPJS Kesehatan (22/6).

Dalam acara yang dibuka oleh Bupati Belitung Timur, Burhanudin menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan bantuan dan dukungan kepada peningkatan derajat kesehatan masyarakat Belitung Timur melalui OSR berupa sarana prasana STBM.

“Saya sangat berterimakasih kepada BPJS Kesehatan atas kerjasamanya dan supportnya selama ini. Tentu saja bantuan OSR ini memiliki arti tersendiri bagi kami. BPJS Kesehatan menjadi yang terdepan dalam mendukung program STBM ini, harapannya stakeholder yang lain dapat mengikuti jejak dan contoh dari BPJS Kesehatan untuk kepentingan bersama masyarakat Belitung Timur,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur, Muhammad Yulhaidir secara terpisah menyampaikan deklarasi ODF (Open Defecation Free) sebagai bentuk dukungan dan aksi nyata komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

”STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Tujuan dari program STBM ini adalah untuk menciptakan kondisi masyarakat dengan pola hidup sehat dan bersih. Melalui kegiatan pada hari ini, diharapkan dapat mendorong implementasi STBM di Kabupaten Belitung Timur, khususnya di Desa Sukamandi. Semoga dengan diserahkannya bantuan dari BPJS Kesehatan ini, bisa membuat masyarakat menjadi lebih bersemangat dan antusias menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berhenti buang air besar sembarang,” ucapnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung Timur, Mardiana saat meninjau lokasi rumah penduduk yang menerima bantuan juga menyampaikan dukungannya kepada seluruh stakeholder di Kabupaten Belitung Timur.

”Kami menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam mendorong derajat kesehatan masyarakat melalui program STBM dan ODF. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat baik pemerintah maupun stakeholder swasta untuk dapat turut berkontribusi dalam pembangunan sektor kesehatan masyarakat secara umum. Dengan PHBS yang baik selama pandemi ini, mudah-mudahan derajat kesehatan masyarakatnya dapat meningkat khususnya bagi peserta JKN-KIS. Kami akan terus suportif terhadap program-program di bidang kesehatan," pungkasnya. (RW/sa)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved