Breaking News:

Advertorial

Kejari Bangka Barat Berharap Sekolah Alam Dapat Membantu Mengarahkan Kreatifitas Anak-Anak

Kejaksaan Negeri Bangka Barat terus bergerak dan berkarya melalui program Jaksa Peduli Anak dan Jaksa Peduli Lingkungan

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring
Ist (Kejari Bangka Barat)
Kejaksaan Negeri Bangka Barat bersama FORKOPIMDA Bangka Barat menghadiri peresmian Sekolah Alam Taman Wisata Edukasi Muntok, Selasa (29/06/2021). 

BANGKAPOS.COM — Kejaksaan Negeri Bangka Barat terus bergerak dan berkarya melalui program Jaksa Peduli Anak dan Jaksa Peduli Lingkungan terutama dalam bidang Pendidikan dengan menghadiri kegiatan peresmian Sekolah Alam Taman Wisata Edukasi Muntok, Selasa (29/06/2021).

Bertempat di sekretariat Sekolah Alam Taman Wisata Edukasi Muntok, Jl. Gang Siswa, desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kasubbagbin Kejari Bangka Barat Desemanto, SH, mewakili Kajari Bangka Barat, Helena Octavianne menghadiri kegiatan yang turut pula dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto, perwakilan Kodim 0431/Bangka Barat, dan perwakilan dari unsur FORKOPIMDA Bangka Barat lainnya.

Kasubagbin Desemanto seizin Kajari Bangka Barat mengatakan, pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun karakter generasi muda untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Pola pendidikan yang ada saat ini sangat beragam dengan berbagai kurikulum yang ada, paradigma umum dalam dunia pendidikan, umumnya sekolah harus selalu berada di ruang kelas dengan berbagai buku-buku pelajaran tersimpan di dalam tas.

Peresmian Sekolah Alam Taman Wisata Edukasi Muntok oleh Bupati Bangka Barat, H. Sukirman
Peresmian Sekolah Alam Taman Wisata Edukasi Muntok oleh Bupati Bangka Barat, H. Sukirman (Ist (Kejari Bangka Barat))

Kurikulum di sekolah konvensional/formal selalu mengukur kecerdasan dan prestasi siswanya lewat ujian tertulis dan angka di buku rapor. Meskipun demikian, saat ini juga sudah banyak berkembang sistem pendidikan alternatif berbasis alam dan lingkungan yang dinamakan sekolah alam.

"Alam memberikan pelajaran kepada kita untuk beradaptasi dan bermetamorfosis menjadi pribadi-pribadi tangguh yang siap melewati tantangan dan meraih kemuliaan dalam hidup. Setiap kejadian di alam memberikan hikmah dan pelajaran kepada kita agar dapat direnungkan dan mengilhami lahirnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang," ujarnya.

Kasubagbin Kejari Bangka Barat, Desemanto, SH mewakili Kajari Bangka Barat, Helena Octavianne menghadiri peresmian Sekolah Alam Taman Wisata Edukasi Muntok
Kasubagbin Kejari Bangka Barat, Desemanto, SH mewakili Kajari Bangka Barat, Helena Octavianne menghadiri peresmian Sekolah Alam Taman Wisata Edukasi Muntok (Ist (Kejari Bangka Barat))

Menurutnya, sekolah yang melibatkan murid yang bersentuhan langsung dengan alam sekitar merupakan salah satu cara yang baik untuk mengukur sejauh mana kreativitas dari anak-anak tersebut. Namun harus pula di imbangi dengan pendampingan dari para pakar/guru untuk mengeluarkan ide-ide kreatif para murid dengan diskusi-diskusi kecil dan pelatihan yang mumpuni, secara tidak langsung itu dapat menjadi jembatan bagi anak-anak untuk tahu dan sadar akan pentingnya menjaga dan mengembangkan peluang-peluang yang ada lingkungan sekitar.

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Helena Octavianne saat dikonfirmasi terkait peresmian sekolah alam tersebut berharap, agar masyarakat Bangka Barat khususnya Kecamatan Muntok dan sekitarnya terutama anak-anak dapat memanfaatkan sekolah alam yang bersifat Nonformal ini dengan sebaik-baiknya.

"Kejaksaan Negeri Bangka Barat sangat mendukung dengan adanya sekolah alam ini, karena bukan hanya dapat mengenalkan alam kepada para siswa, tetapi juga bagaimana para siswa juga dapat belajar pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar, serta memiliki semangat dan harapan yang tinggi untuk dapat menjaga dan meningkatkan kualitas dari Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kabupaten Bangka Barat,"pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved