Breaking News:

Berita Belitung

Masakan Khas Belitung Dicooking Class BP Belitong UNESCO Global Geopark, Wisatawan Suka Ini

Masakan khas Belitung meramaikan cooking class yang diadakan oleh Badan Pengelola (BP) Belitong UNESCO  Global Geopark (UGG)

Penulis: rusmiadi | Editor: nurhayati
Masakan Khas Belitung Dicooking Class BP Belitong UNESCO Global Geopark, Wisatawan Suka Ini - 20210630-cooking-class.jpg
Dok/ASPPI Babel
Cooking class yang diadakan oleh Badan Pengelola (BP) Belitong UNESCO Global Geopark (UGG) bersama, Pokdarwis Rusa Putih, dan komunitas masyarakat Desa Tanjung Rusa Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung, Sabtu (26/6/2021).
Masakan Khas Belitung Dicooking Class BP Belitong UNESCO Global Geopark, Wisatawan Suka Ini - 20210630-tekuyong.jpg
Dok/ASPPI Babel
Sayor Rias
Masakan Khas Belitung Dicooking Class BP Belitong UNESCO Global Geopark, Wisatawan Suka Ini - 20210630-aruk-menggale.jpg
Dok/ASPPI Babel
Aruk menggale. Masakan Aruk Menggale terbuat dari bahan singkong
Masakan Khas Belitung Dicooking Class BP Belitong UNESCO Global Geopark, Wisatawan Suka Ini - 20210630-tekuyong-masakan-tengkuyong-peres-masak-lemak.jpg
Dok/ASPPI Babel
Tekuyong. Masakan tengkuyong peres masak lemak

BANGKAPOS.COM -- Masakan khas Belitung meramaikan cooking class yang diadakan oleh Badan Pengelola (BP) Belitong UNESCO  Global Geopark (UGG) bersama, Pokdarwis Rusa Putih, dan komunitas masyarakat Desa Tanjung Rusa Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung, Sabtu (26/06/2021).

Sayor rias, kuyong peres atau keremut masak lemak, gangan ikan buntal, aruk menggale sebagai pengganti nasi dan minuman jengki (jeruk kunci gule kirik), jadi menu dari cooking class yang
diikuti Chef Ragil Imam Wibowo.

Tak ketinggalan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Bangka Belitung (Babel) juga digandeng BP Geopark, karena kegiatan ini sangat berkaitan dengan wisata berbasis pemberdayaan masyarakat.

Melalui cooking class dengan arahan chef ternama , yang dikenal  dalam acara makan besar di salah satu TV swasta, makanan sederhana ini akhirnya  menjadi makanan berkelas dengan tetap menjaga rasa yang unik khas Belitung.

Selain itu juga  para  wisatawan akan disuguhi paket "Singga bang Kampong".

Sekilas bahan utama masakan sangat sederhana, seperti batang pisang ternyata bisa dijadikan sayur, dinamakan sayor rias.

Batang pisang ini yang diambil tengah batang pisang, diiris-iris. Kemudian ditumis dengan santan dan ditambah ikan asin .

Sedangkan kuyong peres atau keremut biasa ditemukan banyak di mangrove. Menempel di kayu kayu bakau.

Kuyong peres dipotong dan menariknya dimasak harus ditambah dengan potongan ketela pojon dan daun cekok manis (katu).

Gangan ikan buntal. Masakan gangan dari bahan ikan buntal
Gangan ikan buntal. Masakan gangan dari bahan ikan buntal (Dok/ASPPI Babel)

Ikan buntal kelapa dari laut diolah menjadi gangan. Tentu saja mengolah ikan ini tidak boleh sembarangan. Ada cara yang membuat tidak ada racunnya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved