Breaking News:

Advetorial

Pemkab Belitung Timur Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Lewat Yuk Gi Nyelik Pasien

program kerja 100 hari, Bupati Belitung Timur meminta komitmen seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera merealisasikan target

Editor: nurhayati
Pemkab Belitung Timur Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Lewat Yuk Gi Nyelik Pasien
ist
Pemkab Belitung Timur Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Lewat Yuk Gi Nyelik Pasien, Senin (14/06/2021).

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dalam rangka mewujudkan program kerja 100 hari, Bupati Belitung Timur meminta komitmen seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera merealisasikan target capaiannya, termasuk di dalamnya optimalisasi kepesertaan JKN-KIS.

Pemerintah daerah mendorong pencapaian sampai dengan 100% dengan sosialisasi dan upaya penegakan kepatuhan khususnya kepada pelaku usaha swasta di Kabupaten Belitung Timur.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur juga meluncurkan Program “Yuk Gi Nyelik Pasien” di Auditorium Zahari MZ, Senin (14/06/2021).

Bupati Belitung Timur, Burhanudin mengatakan program ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan atau akses pelayanan kesehatan, terutama pada masyarakat rentan, risiko tinggi dan tidak mampu melalui pembinaan pada keluarga dengan melakukan kunjungan ke rumah pasien.

“Nantinya pasien yang sudah merasa sehat dan nyaman akan dipulangkan dari rumah sakit dan kemudian menjadi tugas Puskesmas untuk melakukan kunjungan dan kontrol kesehatan terhadap pasien. Saya sudah berkomitmen dengan Kadinkes, kalau Puskesmas ingin baik, SDM-nya menjalankan kewajiban dengan baik, maka akan kita siapkan reward berupa kesempatan melanjutkan pendidikan. Dalam seratus hari ini akan dilakukan sosialisasi ke desa terkait program ini,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, masyarakat Belitung Timur yang ingin melakukan tindakan cuci darah akan dibantu dengan penyedian prasarana hemodialisa di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Belitung Timur.

Masih dalam rangkaian acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Muhamad Yulhaidir selain penguatan validasi data peserta JKN-KIS melalui PIS-PK, untuk memfasilitasi pasien rawat jalan pihaknya juga menyediakan ambulans desa.

"Kami juga berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan hari ini dan kami mendukung penuh adanya sinergi dalam inovasi pelayanan kesehatan yang akan dilakukan di masa datang,” sebutnya.

Pihaknya pun sangat antusias dapat berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dalam inovasi Sistem Pelayanan PRB Terpadu yang akan disinergikan dengan Program Yuk Gi Nyelik Pasien.

“Kami sangat senang sekali diwujudkannya inovasi di bidang pelayanan khususnya PRB. Tentu saja hal tersebut akan sangat berdampak besar kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Kami siap mendukung inovasi tersebut seiring sejalan dengan program Yuk Gi Nyelik Pasien. Konsep yang disampaikan oleh tim Inovasi BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung Timur sangat mengena. Berhubungan erat juga dengan SPM. Kami mengimbau seluruh kepala desa untuk turut mensosialisasikan Program Yuk Gi Nyelik Pasien dan Inovasi Sistem Pelayanan PRB Terpadu Nganyao,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung Timur, Mardiana juga menyampaikan, pihaknya sangat mendukung kerja sama dan inovasi antara Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dan BPJS Kesehatan.

“Harapannya agar terus terjalin hubungan baik dan sinergitas dalam kerja sama untuk menciptakan inovasi yang dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Belitung Timur,” ujarnya.

Acara launching program yang dimeriahkan dengan penampilan tari piring juga diakhiri dengan penyerahan Kartu Indonesia Sehat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur dan bantuan bingkisan bahan pokok kepada perwakilan peserta JKN-KIS. (RW/sa)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved