Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Dari Satu Orang Meninggal Setelah Ditracking 21 Orang Positif Covid-19, Desa Bintet Masuk Zona Merah

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka menetapkan dua desa dan dua kelurahan di Kabupaten Bangka masuk ke dalam zona merah Covid-19.

Penulis: Nurhayati (CC) | Editor: nurhayati
Dok/Boy Yandra
Juru Bicara satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka menetapkan dua desa dan dua kelurahan di Kabupaten Bangka masuk ke dalam zona merah Covid-19.

Dua desa tersebut yakni Desa Petaling Banjar dan Desa Bintet, sedangkan dua kelurahan adalah Kutopanji dan Bukit Betung.

"Untuk di Petaling Banjar masih ada 10 yang positif, Bintet ada 21 orang, sedangkan Kutopanji ada 14 orang  dan  Bukit Bentung masih 24 orang yang positif. Ini dinyatakan sudah zona merah," ungkap Juru Bcara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra kepada Bangkapos.com, Kamis (01/07/2021).

Diakuinya khusus di Desa Bintet yang sebelumnya tidak pernah ada kasus paparan Covid-19 namun seminggu belakangan ini dinyatakan zona merah di mana hingga hari ini, Kamis (01/07/2021) di desa tersebut yang ada sebanyak 21 warga yang positif Covid-19.

"Petugas puskesmas melakukan PE setelah KL umur 48 tahun asal Desa Bintet sebelum meninggal dunia yang bersangkutan dibawa ke rumah sakit Depati Bahrin tanggal 25 Juni 2021 setelah itu tanggal 27 Juni meninggal dunia dan dikebumikan secara prokes Covid-19." kata Boy Yandra.

Menurutnya dari skrining (deteksi dini) yang dilakukan pihak puskesmas pada tanggal 29 Juni 202  dilakukan terdata warga di Desa Bintet yang tertular positif Covid-19 sebanyak 16 orang. Kemudian dari hasil tracking pihak puskemas kembali pada Kamis (01/07/2021) sebanyak 5 warga Desa Bintet yang tertular Virus Corona.

"Jadi untuk Bintet sendiri dalam satu minggu ini sudah 21 orang positif Covid-19," ungkap Boy Yandra.

Upaya yang dilakukan oleh pihak kecamatan Belinyu adalah yang pertama akan menutup sementara wilayah Desa Bintet, kemudian melaksanakan penyemprotan cairan disenfektan masal, melakukan 3T dan terakhir membagikan vitamin oleh pihak Tim Covid-19 Kecamatan Belinyu kepada masyarakat.

"Alhamdulillah pihak kecamatan Belinyu yang telah cepat dan tanggap dalam rangka upaya penanganan pemutusan mata rantai daripada wabah penularan virus corona. Untuk pasien yang positif dari Desa Bintet sampai saat ini sudah dilakukan isolasi dan karantina, tidak ada isoman (isolasi mandiri). Ini upaya terbaik yang dilakukan pihak Kecamatan Belinyu. Mudah mudahan penanganan wabah di Desa Bintet cepat selesai dan Bangka bisa segera kembali ke zona aman," harap Boy Yandra

Bertambah 29 Warga Positif Covid-19

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved