Breaking News:

Keluhkan Masalah Hama, Gubernur Bangka Belitung Minta Petani Lakukan Penanaman Serentak

Menurut penuturan Penyuluh Petani Lapangan Karmila, tahun lalu Gubernur Erzaldi mengunjungi Areal Persawahan Desa Buyan, yang terletak di Kecamatan Te

Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Gubernur Minta Petani Lakukan Penanaman Serentak 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman tampak mengeluhkan kinerja petani Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Buyan Kelumbi.

Terhitung setahun sudah sejak pertama kali  Erzaldi bersama warga berkomitmen untuk mengembangkan pertanian, masalah hama masih saja menjadi permasalahan.

Menurut penuturan Penyuluh Petani Lapangan Karmila, tahun lalu Erzaldi mengunjungi areal persawahan Desa Buyan, yang terletak di Kecamatan Tempilang.

Kehadirannya tahun lalu untuk menampung aspirasi masyarakat yang ingin bertani.

Didapatinya, para petani ini mengeluhkan permasalahan hama dan telah ditawarkan solusi yaitu, Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan, metode pengendalian dilakukan dengan penyemprotan serentak dengan bahan pengendalian berupa pestisida.

Selain itu, petani harus melakukan metode penanaman serentak.

Namun, pada rangkaian kunjungan Erzaldi hari Rabu, (30/6/2021) didapatinya para petani tidak melakukan penanaman padi secara serentak.

Para petani saling mendahului yang menyebabkan hama selalu ada sehingga terjadi akumulasi populasi hama pada tanaman padi yang tidak berjamaah.

Makanya tak heran permasalahan hama tidak kunjung usai.

“Jujur, begitu melihat padi seperti ini saya langsung lesu. Gimana mau dibantu, kalau dikasih pembimbingan juga tidak mau mengikuti instruksi. Kalau padinya tidak ditanam serentak, permasalahan hama ini tidak akan tuntas. Kita akan berkutat dipermasalahan yang sama. Jangan hanya memikirkan kebutuhan diri sendiri saja. Terus usahakan untuk membuat produksi berkualitas yang bisa dijual ke luar,” ungkap  Erzaldi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved