Breaking News:

Demi Biayai Cucunya yang Yatim Piatu, Nek Sumarna Rela Melimbang Timah untuk Bertahan Hidup

Nenek 75 tahun di Pangkalarang, Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang rela ngelimbang (mencari timah) dan menerima jasa pijat urut, kerok demi bertahan

Penulis: Widodo | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Nenek 75 tahun di Pangkalarang, Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang rela ngelimbang (mencari timah) dan menerima jasa pijat urut, kerok demi bertahan hidup dan membiayai cucunya.

Dialah Sumarna atau yang akrab disapa Nek Jawe oleh orang sekitar.

Ditemui di kediamannya sejak sore Kamis (1/7/2021) hingga malam, tampak rumah panggung yang sederhana itu kurang lebih berukuran 3X4 tepat berada di atas sungai di Pangkalarang.

Rumah yang menjadi tempat ia berteduh setiap harinya itu terlihat bagian seng sudah menerawang sehingga air hujan turun membasahi lantai rumahnya.

Tempat tidurnya hanya beralaskan karpet dan kasur yang tipis, ruangan yang sempit tak sedikitpun Sumarna mengeluh dengan keadaan.

Berbalut baju bewarna putih dan Ciput di kepalanya, wanita lanjut usia itupun sangat antusias menceritakan kehidupan sehari-harinya.

"Keseharian ngelimbang, ngurut, ke pasar ngerokin orang kalau ada yang nyuruh," ucap Sumarna sembari tersenyum tipis.

Kendati usia sudah 75 tahun, tidak membuat nek Jawe patah semangat dalam mencari nafkah. Dia tetap kuat mengais rejeki layaknya seorang wanita yang masih muda.

Padahal, usia seperti itu biasanya rentan terhadap penyakit dan kondisi fisik yang sudah melemah. Tapi tidak demikian yang dirasakan oleh Sumarna.

Dirinya juga pantang meminta-minta bantuan kepada orang lain selagi itu masih sanggup dia lakukan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved