Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ketua DPRD Bangka Belitung Titip Ilmu Seputaran Legislatif ke Pemuda DPD KNPI Belitung  

Mengenakan baju batik, Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi menghadiri kegiatan Sekolah Legislasi dan Sidang Umum Pemuda DPD KNPI Belitun

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel) Herman Suhadi memberikan materi dalam kegiatan Sekolah Legislatif dan Sidang Umum Pemuda DPD KNPI Belitung di Kantor Bappeda Belitung, Sabtu (3/7/2021).(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Mengenakan baju batik, Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi menghadiri kegiatan Sekolah Legislasi dan Sidang Umum Pemuda DPD KNPI Belitung di Kantor Bappeda Belitung, Sabtu (3/7/2021).

Sebagai pemateri dalam kegiatan itu, dia menitipkan ilmu seputaran tentang tugas dan kedudukan lembaga legislatif dalam sistem Politik Indonesia.

Herman memulai paparan, menjelaskan tata cara pemilihan para anggota DPRD, memperkenalkan empat pimpinan, tugas 45 anggota dewan pada komisi masing-masing hingga pemahaman tentang berbagai fraksi.

"Sangat penting pemuda paham terkait legislatif, karena mungkin ketika masih muda dengan kesibukan yang ada, mereka tidak mengetahui tugas DPRD," katanya.

"Maka saya bangga KNPI Belitung dan Beltim adakan sekolah legislasi, kita memberikan pengetahuan apa dan bagaimana Tupoksi seorang anggota dewan. Alhamdulilah dari kegiatan tadi kawan-kawan cukup antusias dan bisa berjalan serius tapi santai," tambah Herman usai menghadiri agenda tersebut.

Dijelaskannya, selain kegiatan sekolah legislatif, DPRD Babel juga melakukan sosialisasi peraturan daerah (sosperda) untuk memberikan informasi terkait seputaran legislatif kepada pemuda.

"Kita sampaikan kepada pemuda dan masyarakat bahwa perda yang dibuat DPRD itu, paling tidak dari tata cara dan muatan perda dapat diketahui oleh masyarakat," kata Herman.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini juga mengapresiasi wacana KNPI Pulau Belitung untuk membuat rancangan peraturan tentang kepemudaan.

"Ini hebat lagi, saya sarankan ketika rancangan ini sudah selesai, mari kita berkolaborasi dengan eksekutif dan legislatif, kita ikuti tata cara pembuatan peraturan sesuai perundang-undangan dengan UU No 10 tahun 2012. Kami membuka pintu seluas-luasnya, nanti akan kami undang lagi mereka,untuk membahas lebih teknis," katanya.

Sementara itu, Ketua KNPI Belitung, M Hafrian Fajar sangat mengapresiasi partisipasi Ketua DPRD Babel dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Sekolah legislasi dan sidang umum, bertujuan untuk bisa memahami berkaitan fungsi legislatif karena sepanjang sejarah belum ada perda kepemudaan, bahkan di beberapa kabupaten juga belum, maka kami inisiasikan perda kepemudaan.

Kita sudah rancang tapi KNPI tidak mau langsung berikan ke eksekutif dan legislatif karena akan dibahas dulu secara detail poin apa yang bisa menompang pengkaderan dan menciptakan kader terbaik untuk memimpin di bangsa ini," kata Hafrian. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved