Breaking News:

Basarnas Evakuasi Nelayan di Tengah Laut

Sempat Hilang Saat Melaut, Perahu Hanyut, Nelayan Ini Berhasil Diselamatkan ABK Kapal Pengangkut CPO

Seorang Nelayan bernama Adi alias Embot(49)  warga Lubuk Laut, Desa Lubuk Besar, Kecamatan Lubuk Besar

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Dok/Posbelitung.com
ilustrasi kapal nelayan yang terombang-ambing di laut. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Seorang Nelayan bernama Adi alias Embot(49)  warga Lubuk Laut, Desa Lubuk Besar, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Kamis (01/07/2021) kemarin sempat dinyatakan hilang saat memancing di laut.

Hilangnya nelayan saat memancing ini dibenarkan Kadus Lubuk Laut, Bayu. Menurutnya  membenarkan bahwa nelayan atas nama Adi alias embot sempat dinyatakan hilang sejak  Kamis, (01/07/2021).

"Embot yang berprofesi sebagai nelayan ini sempat dinyatalan hilang saat pergi mancing kemarin, Kamis (1/7) sekira pukul 05.00 WIB dari Sungai Tebo," ungkap Bayu, Jumat (02/07/2021) malam saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Menurut Bayu, biasanya Adi alias Embot ini selalu pulang sore hari, namun pada hari itu tidak kunjung pulang.

Akhirnya, para nelayan berinisiatif mencari keberadaan Embot di titik biasa memancing ikan. 

"Pencarian ini dilakukan hingga larut malam kemarin, dilanjutkan siang hari tadi para Nelayan yang dibantu pihak Kepolisian dan pihak terkait lainnya, namun tidak menemukan keberadaan Embot," ungkap Bayu.

Lanjutnya, pencarian hari ini diakhiri hingga sore hari setelah pihak Pemerintah Dusun Lubuk laut dan keluarga mendapati informasi bahwa Embot sudah ditemukan oleh Anak Buah Kapal (ABK) pengangkut minyak CPO menuju Pangkalbalam, Pangkalpinang.

Bayu mengungkapkan, saat ini pihak keluarga sudah menuju Pangkalbalam menjenguk Embot untuk segera dibawa kembali ke rumah.

"Pada kesempatan ini, kami berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu mencari keberadaan Embot hingga menyelamatkannya dalam keadaan selamat," ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Lubuk Besar, Ipda Hafiz seizin Kapolres Bangka Tengah, AKBP Selamat Ady purnomo membenarkan adanya nelayan yang sempat hilang tersebut. 

Menurutnya, dugaan sementara mesin perahu yang di bawa Embot rusak setelah terhempas ombak tinggi.

"Informasi dari nelayan lain, bahwa cuaca kemarin ekstrem hingga terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Dugaannya, perahunya rusak, dan Embot tersebut hanyut karena terombang ambing dilaut dan ditemukan oleh kapal pengangkut Minyak CPO dalam keadaan selamat," ujar Ipda Hafiz.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved