Breaking News:

Virus Corona

Aturan Terbaru Bepergian Naik Pesawat Saat Covid-19? Ini Syarat yang Diterapkan Bandara Depati Amir

Aturan Terbaru Bepergian Naik Pesawat Saat Covid-19? Ini Syarat yang Diterapkan Bandara Depati Amir

Editor: Teddy Malaka
(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita).
Aktivitas jalur baru pelayanan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sejak diberlakukannya PPKM Darurat, PPKM Mikro, sejumlah aturan perjalanan menggunakan pesawat mengalami perubahan.

Warga kadang kebingungan untuk menyiapkan persyaratan yang harus dipenuhi.

Bangka Pos menyajikan informasi terbaru tentang syarat keluar dan masuk bandara yang harus dipenuhi warga Bangka Belitung.

Berikut enam poin PPKM di Bandara Depati Amir Pangkalpinang Bangka Belitung:

  1. Disepakati untuk penerapan PPKM Darurat khususnya di Bandara Depati Amir mulai efektif Senin Tanggal 05 Juli 2021 sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara Nomor 45 Tahun 2021.
  2. Penumpang yang belum divaksin, bisa melakukan vaksinasi di Bandara Depati Amir yang dilakukan oleh KKP secara gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Termasuk untuk Stake Holder Bandara Depati Amir yang belum divaksin. Untuk ruangan vaksinasi di sebelah ATM Centre dan dimulai pada hari Senin tanggal 05 Juli 2021;
  3. Penumpang dengan tujuan TJQ & PLM masih diperbolehkan menggunakan RT - Antigen;
  4. Penumpang yang transit di CGK dan akan melanjutkan perjalanan dengan tujuan bandara di luar Pulau Jawa dan Bali tidak perlu RT-PCR asalkan berangkat di hari yang sama.
  5. Validasi Dokumen Kesehatan & Pemberian Vaksin dilakukan oleh KKP
  6. Mulai hari Senin tanggal 05 Juli 2021, Genose Test tidak berlaku untuk semua penerbangan

Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid 19 Prov Kep Babel Mikron Antariksa membenarkan adanya ketentuan tersebut.

Masa berlaku ketentuan tersebut menyesuaikan dengan aturan PPKM yang diterapkan pemerintah pusat.

"ya, betul (hasil kesepekatan itu), masa berlaku mengikuti atau sesuai aturan pusat, ujar Mikron dikonfirmasi Bangkapos.com, Senin (5/7/2021).

Harus Pakai Kartu Vaksinasi

PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir, mulai melakukan penyesuaian operasional dan layanan bandara guna mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. 

Walaupun tak berlaku di wilayah luar pulau Jawa dan Bali, Bandara Depati Amir yang berada di Provinsi Bangka Belitung, melakukan sejumlah pengetatan dokumen untuk harus mencantumkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

Seperti dikatakan Faturahman (41) seorang penumpang, yang ditemui Bangkapos.com, mengatakan syarat terbang selama pemberlakuan PPKM Darurat lebih ribet selain harus memiliki surat negatif PCR ditambah sertifikat vaksinasi.

"Lebih ribet, tetapi itu lebih mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Corona agar lebih efektiflah. Persyaratanya harus sertifikat vaksin kebetulan saya sudah dua kali vaksin dan negatif PCR," jelas Faturahman kepada Bangkapos.com, Senin (05/07/2021) di Bandara Depati Amir.

Faturahman, mengatakan dirinya ingin berangkat ke DKI Jakarta, dalam tujuan pekerjaan.

"Mau ke Jakarta ada pekerjaan, sebagai penumpang juga kita harus mematuhi syarat yang telah ditentukan. Selain itu semoga masyarakat konsisten dengan peraturanya," kata Faturahman pria asal Sungailiat ini.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved