Breaking News:

Advertorial

Kejari Bangka Barat Siap Mendukung Geopark Bangka Barat Menuju Nasional

Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat berkunjung ke kantor Kejari Bangka Barat untuk berkoordinasi upaya menyukseskan Geopark Bangka Barat.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring
Ist (Kejari Bangka Barat)
Pengurus Karang Taruna Bangka Barat mengunjungi Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Senin (05/07/2021). 

BANGKAPOS.COM - Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat melakukan kunjungan ke kantor Kejaksaan Negeri Bangka Barat untuk berkoordinasi terkait dengan upaya menyukseskan Geopark Bangka Barat menuju tingkat Nasional, Senin (05/07/2021).

Kedatangan pengurus Karang Taruna Bangka Barat ini disambut oleh Kasi Intelijen dan Kasubsi Intelijen Kejari Bangka Barat.

Dalam kunjungan ini, Karang Taruna Bangka Barat juga sekaligus mengundang Kajari Bangka Barat, Helena Octavianne untuk menjadi narasumber pada program KT-Talk Show yang bertemakan “Pentingnya Mengenal Nama Asal Usul Desa/Kelurahan/Kampung/Dusun di Kabupaten Bangka Barat”.

Atas kunjungan dan koordinasi yang dilakukan pihak pengurus Karang Taruna Bangka Barat ini, Kajari Bangka Barat Helena Octavianne saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas inisiatif penyelenggaraan program diskusi yang bertujuan untuk menggelorakan Geopark Bangka Barat menuju tingkat Nasional ini.

Menurutnya, program Talkshow tersebut merupakan kegiatan yang positif mengingat peran penting Karang Taruna  merupakan komponen masyarakat yang lebih mengetahui kondisi obyektif lingkungan masyarakatnya.

Kasi Intelijen dan Kasubsi Intelijen Kejari Bangka Barat sambut kunjungan dari pengurus Karang Taruna Bangka Barat
Kasi Intelijen dan Kasubsi Intelijen Kejari Bangka Barat sambut kunjungan dari pengurus Karang Taruna Bangka Barat (Ist (Kejari Bangka Barat))

"Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang beranggotakan para pemuda desa/kelurahan juga sangat dibutuhkan perannya dalam pembangunan desa/kelurahan khususnya di bidang sosia,” katanya.

“Apalagi Karang Taruna saat ini sudah diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial," imbuhnya.

Adapun, Karang Taruna juga merupakan sebuah organisasi sosial dalam lingkup desa/kelurahan yang beranggotakan pemuda di lingkungan sekitar yang berperan terhadap pembangunan di wilayahnya.

Berdasarkan Permensos No. 77 Tahun 2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna, selain itu, tugas utama Karang Taruna yaitu berdampingan dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi, baik itu bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di desa/kelurahan.

Karang Taruna juga merupakan organisasi sosial sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Untuk itu, Kejaksaan Negeri Bangka Barat berharap agar Karang Taruna Bangka Barat dapat berperan lebih aktif sebagai organisasi masyarakat yang mampu menjadi wadah pembinaan untuk generasi muda yang mampu berkontribusi terhadap penyelesaian persoalan dan pembangunan daerah, serta dapat berperan terhadap pembangunan di Indonesia khususnya di Kabupaten Bangka Barat. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved