Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Pangkalpinang Waspadai Covid-19 Varian Delta

Kepala Dinas Ke­sehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Penulis: tidakada006 | Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Bangka Pos/Dok
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus H Makim. 

BANGKA POS.COM - Kepala Dinas Ke­sehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Karena itu, Hakim mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan jangan sampai lengah.

“Semua masyarakat Kota Pang­kalpinang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan diri dalam menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat, di antaranya menerapkan 6M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama di luar rumah) bukan lagi 5M,” katanya, Senin (5/7).

Hakim menyebutkan, menghindari makan bersama saat ini sudah menjadi bagian dari protokol ke­sehatan. Menurutnya, hal itu merupakan imbas dari masuknya virus korona varian Delta ke Indonesia.

Varian Delta adalah varian baru virus SARS-CoV-2 yang juga dikenal varian B1.617.2. Varian ini disebut lebih menular dan menimbulkan efek lebih berat. Va­rian Delta telah menimbulkan banyak korban jiwa di India.

Menghindari makan bersama yang dimaksud Hakim adalah menghindari makan bersama di luar rumah. “Kalau makan bersama keluarga di rumah tidak masalah,” ucapnya.

“Justru ketika menggelar makan bersama di luar (di kafe atau tempat nongkrong lainnya) seperti itu yang membuat penularan kasus terjadi, makanya dihindari. Terbukti banyak kasus yang ketika makan melepaskan masker justru terpapar Covid-19,” tutur Hakim.

Berdasarkan data terbaru, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Pangkalpinang sebanyak 6.177 orang, kasus aktif atau sedang dalam karantina sebanyak 380 orang, dan kasus sembuh berjumlah 5.722 orang.

Hakim menegaskan, kendati saat ini Pangkalpinang masih tergolong aman, masyarakat di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus tetap waspada dan jangan meninggalkan protokol kesehatan.

“Kita harus berkaca dari daerah-daerah lain, jangan sampai Pangkalpinang se­perti itu harus menerapkan PPKM darurat. Jadi kita harapkan masyarakat ja­ngan lengah, jangan anggap ini santai-santai saja,” ujar Hakim. (t2)

Ajukan Bantuan Tenda Darurat

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved