Breaking News:

advertorial

Pengabdian UBB Fasilitasi Kelompok Usaha Melati untuk Mendapatkan PIRT

UBB melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kace Timur bertempat di Kantor Desa Kace Timur, Sabtu (3/7/2021).

Penulis: iklan bangkapos | Editor: El Tjandring

BANGKAPOS.COM - Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kace Timur bertempat di Kantor Desa Kace Timur, Sabtu (3/7).

Kegiatan ini diketuai Christianingrum beserta Occa Roanisca dan Hidayati sebagai anggota tim pengabdi.

Dalam kegiatan ini UBB memberikan pendampingan perizinan PIRT dan persiapan menuju sertifikasi halal bagi Kelompok Usaha Melati. Kegiatan ini sendiri bertujuan memfasilitasi agar Kelompok Usaha Melati mengerti dan bisa mempersiapkan usahanya untuk mendapatkan PIRT dan sertifikasi halal.

Kegiatan yang dihadiri 25 pelaku usaha ini dibuka langsung oleh Ketua Tim Christianingrum dan paparan mengenai pentingnya perizinan PIRT dan sertifikasi halal bagi pelaku usaha diberikan oleh Occa Roanisca selaku tim pengabdi sekaligus Auditor LPPOM MUI Babel.

Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Desa Kace Timur bertempat di Kantor Desa Kace Timur, Sabtu 3/7
Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Desa Kace Timur bertempat di Kantor Desa Kace Timur, Sabtu 3/7 (Ist)

Pada kegiatan ini juga tim pengabdi memfasilitasi para pelaku usaha untuk bisa melakukan uji lab gratis guna mengecek kadar keamanan produk yang mereka hasilkan yang juga merupakan salah satu persyaratan dalam pengajuan PIRT

Occa Roanisca mengatakan, antusiasme Kelompok Usaha Melati untuk mendapatkan perizinan dasar seperti sertifikat HS, PIRT dan IUMK sangat tinggi. Hal tersebut tercermin dari tingginya minat para pelaku uaha untuk mendaftarkan diri ke pihak desa agar bisa mengikuti Pelatihan Keamanan Pangan.

"Motivasi yang tinggi dari pelaku UMKM ini harus terus dijaga, sehingga eksistensi UMKM di Bangka Belitung terjamin. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian ini kami akan mendampingi dan memfasilitasi UMKM yang tergabung dalam Kelompok Usaha Melati untuk mendapatkan perizinan Sertifikat HS," kata Christianingrum.

Christianingrum menjelaskan, bahwa Universitas Bangka Belitung sebagai salah satu universitas negeri yang ada di Pulau Bangka selalu berusaha memberikan kontribusi yang bermanfaat, satu di antaranya dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

"Diharapkan setelah kegiatan pengabdian ini selesai, Kelompok Usaha Melati bisa mendapatkan PIRT untuk produk-broduk yang dihasilkan sehingga bisa menambah nilai jual dari produk itu sendiri," tambahnya. (adv/may)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved