Breaking News:

Silaturahmi Ke Belitung Timur, Kepala BNNP Bangka Belitung Dorong Pembentukan BNNK Belitung Timur 

Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol M. Zainul Muttaqien bersilaturahmi dengan Bupati Beltim, Burhanudin serta Ketua DPRD Beltim, Fezzi Uktolseja.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: El Tjandring
Istimewa
Kepala BNN Babel, Brigjen Pol M. Zainul Muttaqien saat bertandang ke Belitung Timur, Senin (5/7/2021). 

BANGKAPOS.COM - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bangka Belitung, Brigjen Pol M. Zainul Muttaqien bertandang ke Belitung Timur dalam rangka bersilaturahmi dengan mengunjungi Bupati Belitung Timur, Burhanudin serta Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja, Senin (5/7/2021).

Selain agenda silaturahmi, kunjungannya beserta rombongan ini juga turut mensosialisasikan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2020 tentang Pembentukan Tim Terpadu Cegah dan Berantas Narkotika di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah Belitung Timur yang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Anti Narkoba, tinggal menunggu Quick Response Bupati dalam menyusun Peraturan Bupati (Perbup) nya saja.

Terkait dengan rencana pembentukan BNN Kabupaten (BNNK) Belitung Timur, Brigjen Pol M. Zainul Muttaqien menyampaikan dukungannya atas rencana tersebut, karena ia menilai permasalahan Narkotika sudah menjadi masalah prioritas yang bukan hanya harus diperhatikan secara serius, namun juga harus segera dibarengi dengan proses penyelesaiannya.

"Hampir mayoritas Narapidana di Bangka Belitung ini banyak yang terjerat kasus Tindak pidana Narkotika, kalau mau di peringkat kan, itu menjadi peringkat Satu. Sehingga harus ada langkah cepat untuk memberantasnya, salah satu langkah konkret tersebut yaitu dengan mendirikan BNNK, termasuk di Belitung Timur ini,"ujarnya.

Sejak dilantik sebagai Kepala BNNP Bangka Belitung yang baru, dirinya mengatakan sudah melakukan pemetaan dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan terkait Narkoba di daerah ini. Untuk itu, ada tiga strategi yang akan dirinya gunakan dalam mengatasinya, yaitu Soft Power Approach, Hard Power Approach dan Smart Power Approach. Ketiga startegi tersebut adalah upaya BNN untuk mewujudkan Indonesia khususnya Bumi Melayu Babel Bersinar ( Bersih Dari Narkoba) dengan membentuk Keluarga Anti Narkoba.

Brigjen Pol M. Zainul Muttaqien menjelaskan, kunjungannya ini merupakan wujud dari pelaksanaan Soft Power Approach, yaitu sosialoasi, edukasi, dan kerjasama kepada FORKOPIMDA Belitung Timur sekaligus mendukung Inpres nomor 2 tahun 2020. Untuk Hard power Approach nya, yakni upaya penegakan hukum, dirinya sudah berencana memberlakukan dua lapis UU untuk pelaku tindak pidana Narkotika yaitu UU Narkotika dan UU Pencucian Uang.

"Upaya tersebut untuk membuat efek jera juga bagi para pelaku, karena di tempat tugas saya sebelumnya di BNNP Maluku yang notabene juga wilayah kepulauan, hal ini sudah dilakukan. Jadi, tentu kita berharap dengan strategi ini semoga mampu menekan jaringan dan angka pidana Narkotika, umumnya di Provinsi Bangka Belitung dan khususnya di Kabupaten Belitung Timur. Kami juga mohon dukungan dari FORKOPIMDA, Stakeholder terkait dan juga masyarakat," katanya.

Mendapat kunjungan dari Kepala BNNP Bangka Belitung yang baru beberapa hari dilantik ini beserta rombongan, Bupati Belitung Timur Burhanudin mengucapkan rasa terima kasihnya atas kunjungan silaturahmi yang dilakukan, ia berharap melalui silaturahmi ini dapat memperkuat sinergitas dan terjalin dengan baik ke depannya.

Kemudian, terkait berdirinya BNNK Belitung Timur, Burhanudin mengatakan rencana tersebut sudah ada sejak tahun 2010 lalu, namun saat itu terjadi Moratorium sehingga baru pada tahun ini akan kembali dilakukan kajian terkait hal tersebut.

"Untuk kasus tindak pidana Narkotika, di Belitung Timur ini cukup tinggi, jadi tentu keberadaan BNNK di sini sangat diperlukan. Melalui dorongan dari BNN Provinsi Bangka Belitung, kami harap akan segera dapat terealisasikan berdirinya BNNK disini, Pemerintah Daerah tentu saja mendukung Seratus Persen," Pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved