Breaking News:

Nama-nama Laboratorium Tes PCR di Pulau Bangka yang Jadi Syarat Naik Pesawat

Bagi pelaku perjalanan yang hendak ke Pulau Jawa dan Bali harus melampirkan hasil PCR 2x24 jam dan sertifikat vaksinasi

Freepik
Ilustrasi Tes PCR 

BANGKAPOS.COM - Berikut nama laboratorium tes PCR di Pulau Bangka yang jadi syarat naik pesawat di Bandara Depati Amir Pangkalpinang. 

Mulai 5 Juli 2021, penumpang di Bandara Depati Amir Pangkalpinang mulai diberlakukan syarat penerbangan sesuai Surat Edaran Kasatgas Nomor 14 Tahun 2021.

Dengan ketentuan dokumen penerbangan harus disiapkan untuk pelaku perjalanan dari Bangka ke Pulau Jawa dan Bali yang sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3-20 Juli 2021.

Dari ketentuan itu, bagi pelaku perjalanan yang hendak ke Pulau Jawa dan Bali harus melampirkan hasil PCR 2x24 jam dan sertifikat vaksinasi.

Baca juga: Kabar Terbaru Daftar Gaji PNS 2021, Berikut Lengkap dengan Golongannya

Baca juga: Artis NR Ditangkap Karena Narkoba, Kondisi Terakhir Nia Ramadhani Disorot, Wajahnya Pucat

Berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/4642/2021 tentang Penyelenggaraan laboratorium pemeriksaam corona virus disease 2019 (Covid-19) di Bangka Belitung ada beberapa laboratorium yang terdaftar seperti Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Bangka Belitung dan Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang.

"Dua laboratorium itu yang betul-betul spesimen dikerjakan oleh lab (laboratorium) yang ada di Bangka. Sementara faskes (fasilitas kesehatan) lainnya harus mengirimkan keluar seperti RS Siloam dikirim ke Jakarta, RS KIM dikirim Jakarta, dan Klinik Prodia dikirim ke Jakarta," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Rabu (7/7/2021).

Lebih lanjut, Bangun menyebutkan hasil negatif PCR dari laboratorium di Bangka Belitung selain Labkesda Provinsi Bangka Belitung dan Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang masih tetap bisa diakui.

"Diakui asal sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan surat edaran (SE), bisa asal dapat rekomendasi dari dinas kesehatan. Sesuai SE PCR 2x24 jam sejak diambil spesimen, Ini sedang kami data ulang (nama-nama laboratorium yang diakui untuk mengeluarkan hasil PCR sebagai syarat penerbangan-red)," jelas dr Bangun.

Baca juga: Mama Sarah Tak Sadarkan Diri di Penjara, Aldebaran Peringatkan Nino, Bocoran Ikatan Cinta 8 Juli

Sekadar informasi, harga PCR di dua laboratorium yang terdata tersebut meliputi Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang sebesar Rp900.000 (hasil 3 hari) dan Rp1.250.000 (hasil 2 hari).

Sementara itu, Labkeda Provinsi Bangka Belitung masih belum menerima tes PCR berbayar.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved