Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Pemkab Bangka Selatan Siapkan Rumah Singgah Bagi Pendamping Warga Sakit di Jakarta

Kabupaten Bangka Selatan menyediakan fasilitas rumah singgah bagi warga yang mendampingi pasien rujukan ke DKI Jakarta.

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: El Tjandring
(Dok. Riza Herdavid)
Rumah Singgah Kabupaten Bangka Selatan di Cempaka Putih Barat DKI Jakarta. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan menyediakan fasilitas rumah singgah bagi warga yang mendampingi pasien rujukan ke DKI Jakarta.

Rumah singgah ini disediakan bagi keluarga maupun pendamping pasien asal daerah Kabupaten Bangka Selatan yang harus mendapatkan perawatan maupun rujukan di rumah- rumah sakit di DKI Jakarta.

Adapun lokasi rumah singgah yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan yakni berlokasi di Komplek Setneg Lama, Jalan Cempaka Putih Barat Blok 19 Nomor 61, Cempaka Putih, Kota Administrasi Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan, Herman saat dikonfirmasi menyebutkan fasilitas ini diberikan kepada pendamping pasien asal daerah Kabupaten Bangka Selatan yang hendak dirujuk ke fasilitas kesehatan yang ada di DKI Jakarta.

"Jadi fasilitas ini dikhususkan untuk keluarga maupun pendamping pasien yang sakit yang harus dirujuk ke DKI Jakarta, sehingga rumah ini kita khususkan untuk pasien dan pendamping bukan untuk lainnya," ujar Herman pada Jumat (9/7/2021).

Ia menambahkan, jika ada warga yang hendak memanfaatkan fasilitas ini maka dapat menyiapkan keperluan administrasi seperti lampiran Kartu Keluarga (KK), salinan e-KTP pendamping dan bukti surat rujukan dari rumah sakit asal dan keperluan lainnya.

"Untuk administrasi ataupun perihal teknisnya dapat langsung menghubungi kami di Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan pada jam kerja," ujarnya.

Mengenai pembiayaan selama berada di Rumah Singgah Kabupaten Bangka Selatan, seperti biaya makan ataupun biaya transportasi, Herman menyebutkan akan ditanggung oleh pemerintah daerah.

Namun demikian, Herman menyebutkan jika pembiayaan selama berada di rumah singgah tidak dapat langsung dicairkan sebelum keberangkatan pendamping sehingga terlebih dulu harus menggunakan biaya sendiri.

"Untuk biayanya seperti tiket pesawat, makan selama di rumah singgah sampai dengan biaya transportasi harian itu tidak kami bayarkan langsung melainkan harus dibayar sendiri terlebih dahulu, nantinya uang yang digunakan baru kami dapat gantikan melalui surat pertanggungjawaban (SPJ) anggaran yang digunakan oleh pendamping," ungkapnya.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved