Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Tim Pengabdian UBB Beri Wawasan Berbisnis Sayuran Hidroponik

Empat dosen Universitas Bangka Belitung (UBB) yang tergabung dalam Tim Pengabdian UBB melakukan pelatihan dan sosialisasi pemanfaatan pekarangan

Penulis: tidakada006 | Editor: Agus Nuryadhyn
istimewa
Dosen UBB memberikan pelatihan ibu-ibu PKK Kelurahan Je­rambah Gantung memulai bisnis sayuran hidroponik yang dapat dikerjakan di rumah. 

BANGKAPOS.COM - Empat dosen Universitas Bangka Belitung (UBB) yang tergabung dalam Tim Pengabdian UBB melakukan pelatihan dan sosialisasi pemanfaatan pekarangan sebagai unit usaha tani komoditas sayuran hidroponik di halaman Kantor Kelurahan Jerambah Gantung Pangkalpinang.

Dalam kesempatan ini Kelurahan Jerambah Gantung yang diwakili oleh perangkat kelurahan menyatakan pihaknya menerima kegiatan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

Kondisi pandemi saat ini mau tidak mau betul-betul membatasi aktivitas di luar rumah sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan para penggerak PKK mendapat ilmu yang bermanfaat untuk memulai bisnis hidroponik yang dapat dikerjakan di rumah.

Ketua Tim Rion Apriyadi menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari pelaksanaan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

Hasil-hasil studi, penelitian, kajian dan praktik yang telah dihasilkan oleh para dosen disampaikan kepada masyarakat dan dikemas dalam wadah pelatihan yang diharapkan mampu menambah pemahaman dan wawasan anggota PKK untuk mulai berbisnis sayuran hidroponik dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

“Kegiatan ini akan dibagi dua sesi dimana sesi pertama yang dilaksanakan pada Jumat (9/7) merupakan sesi pelatihan dan praktik langsung budidaya hidroponik dengan memanfaatkan dus bekas dan bahan-bahan yang relatif ekonomis lainnya yang disampaikan oleh Herry Marta Saputra,” kata Rion, Jumat (9/7).

Pada sesi materi ini Herry menjelaskan secara detail potensi dan keunggulan hidroponik disertai praktik langsung dalam mempersiapkan modul hidroponik sederhana, memformulasikan nutrisi / unsur hara tanaman, lalu menyusun bibit serta memberikan tips dan trik agar berhasil dalam bisnis hidroponik.

Selain itu materi dilengkapi dengan materi strategi pemasaran dan penjelasan konsep kanvas bisnis oleh Darman Saputra yang sekaligus memberikan kiat-kiat penting dalam mengatasi persaingan dan memanfaatkan media sosial secara penuh dalam upaya promosi dan pemasaran produk-produk hidroponik yang akan dihasilkan.

Lebih lanjut Rion menyampaikan bahwa sesi kedua akan dilaksanakan pada bulan September 2021 dengan topik pengelolaan Kebun Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang akan dibawakan oleh Gigih Ibnu Prayoga dan topik pemanfaatan tanaman herbal obat keluarga sebagai imunomodulator dalam meningkatkan kualitas sistem imun di masa pandemi Covid-19 yang akan disampaikan oleh Rion Apriyadi.

Tim Pengabdian UBB berharap rangkaian kegiatan pengabdian ini dapat menjadi salah satu alternatif bisnis mikro di masa pandemi dengan memanfaatkan pekarangan sebagai lahan usaha baik hiroponik sayuran, pemanfaatan pola KRPL untuk tanaman hias dan hortikultura serta tanaman rempah dan obat bagi keluarga.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprize dan souvenir yang telah disiapkan oleh tim pengabdi dengan harapan dapat memberi semangat dan memotivasi peserta pelatihan untuk mewujudkan tujuan akhir dari kegiatan pengabdian ini. (*/may)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved