Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Hasil PCR Labkesda Babel Bisa Jadi Syarat Perjalanan, Ini 5 Lab di Babel yang Terafiliasi Kemenkes

Sujari mengatakan, layanan PCR berbayar bagi masyarakat umum yang hendak berpergian di Labkesda Babel sudah berlangsung sejak Jumat (9/7/2021) lalu.

Penulis: Magang1 | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)
Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (UPTD Labkesda) Babel, Sujari. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sejak Senin, 12 Juli 2021, hasil tes Polymerase Chain Reaction atau PCR dari 742 laboratorium yang terafiliasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dijadikan sebagai syarat perjalanan atau penerbangan yang diakui pemerintah selain menunjukan kartu vaksin.

Dari hasil pemeriksaan Swab PCR tersebut akan masuk ke dalam data New All Record (NAR).

Maka dari itu, hasil swab PCR dari laboratorium yang sudah terafiliasi bisa dipakai sebagai syarat perjalanan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali.

Beruntungnya dari ratusan laboratorium tersebut lima di antaranya ada di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (UPTD Labkesda) Babel, Sujari mengatakan, layanan PCR berbayar bagi masyarakat umum yang hendak berpergian di Labkesda sudah berlangsung sejak Jumat (9/7/2021) lalu.

“Alhamdulilah sudah diakui Kemenkes. Selama pandemi Covid-19 yang ada memang hanya di Labkesda,” kata dia di Pangkalpinang, Selasa (13/7/2021).

Sujari menuturkan, selama PPKM Darurat Jawa-Bali masyarakat yang ingin melakukan tes PCR di Labkesda sedikit mengalami peningkatan. Rata-rata per hari ada 40 orang yang mengajukan pemeriksaan.

Untuk tarif tes PCR untuk pelaku perjalanan sendiri dibanderol sesuai dengan peraturan gubernur yakni sebesar Rp800 ribu. Sedangkan Swab Antigen sebesar Rp160 ribu.

“Sebetulnya banyak orang bertanya kemarin, tetapi kita belum ada alatnya. Sekarang kita sudah beli dan bisa melayani yang berbayar sesuai Pergub yang ada. Awal cuma 30 orang yang periksa, Senin kemarin ada 40 orang,” terang Sujari.

Rentang waktu hasil PCR dapat selesai dalam satu hari, asalkan pemeriksaan dilakukan di bawah pukul 10.00 WIB.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved