Breaking News:

Idul Adha

Jelang Idul Adha, Ini Tips Memilih Hewan Kurban agar Sah Sesuai Syariat Islam

Berikut tips memilih hewan kurban yang sah sesuai dengan syariat islam

Ist/Baznas Kabupaten Bangka Selatan
Sapi Kurban yang telah disiapkan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka Selatan untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah mendatang 

BANGKAPOS.COM - Berkurban merupakan sebuah ibadah yang dijalankan oleh umat muslim dalam hari raya Idul Adha. Berkurban ialah kegiatan menyembelih hewan  ternak yang merupakan satu diantara  bagian syiar islam yang disyariatkan Al Quran.

Berkurban dilakukan dengan tujuan untuk mendekakat diri kepada Alloh Ta'ala.

Ibadah qurban dilaksanakan pada hari pada hari raya idul adha dan hari tasyrik  yakni 11,12,13 Dzulhijjah. 

Saat mendekati idul Adha akan ada banyak pedagang hewan musiman yang menjajakan hewan kurban. Biasanya Hewan yang biasa dikurbankan adalah sapi, kambing, atau domba. 

Sebelum membeli hewan kurban untuk disembelih, pastikan terlebih dahulu bahwa hewan tersebut telah memenuhi syarat yang disyariatkan dalam Islam. Biasanya Hewan yang biasa dikurbankan adalah sapi, kambing, atau domba. 

Hal ini berdasarkan pada dalil hadits Nabi SAW.

عن البَراءِ بنِ عازبٍ رَضِيَ اللهُ عنه قال: ((سمعْتُ رسولَ الله صلَّى اللهُ عليه وسلَّم- يقولُ: لا يجوز مِنَ الضحايا: العوراءُ البَيِّنُ عَوَرُها، والعَرْجاءُ البَيِّنُ عَرَجُها، والمريضةُ البَيِّنُ مَرَضُها، والعَجفاءُ التي لا تُنْقِي

Dari al-Barra bin Azib RA, Rasulullah SAW bersabda, “Ada empat macam hewan yang tidak sah dijadikan hewan Qurban, yaitu: yang (matanya) jelas-jelas buta (picek), yang (fisiknya) jelas-jelas dalam keadaan sakit, yang (kakinya) jelas-jelas pincang, dan yang (badannya) kurus lagi tak berdaging.”(HR. At-Tirmidzi no 1417 dan Abu Dawud no 2420. Hasan sahih).

Berikut tips memilih hewan kurban yang sah sesuai dengan syariat islam.

Sehat

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved