Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Mikron Nilai PPKM Mikro Berjalan Buahkan Hasil Efektif, Ingatkan Pelaksanaan Tanpa Pengecualian

Beberapa kabupaten hingga desa di wilayah Bangka Belitung telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Riki Pratama
Sekretaris, Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Beberapa kabupaten hingga desa di wilayah Bangka Belitung telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Sekadar informasi, ada kabupaten yang menerapkan PPKM Mikro yakni Belitung dan Belitung Timur (Beltim).

Sementara, wilayah kabupaten lainnya diikuti skala desa hingga rukun tetangga (RT) saja.

Sekretaris, Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa menilai penerapan PPKM Mikro di beberapa wilayah Bangka Belitung ini membuahkan hasil baik atau efektif.

"PPKM Mikro itu sangat efektif lah, seperti diterapkan di Bencah, Jebus kemudian di Belitung semua efektif, malahan di Bangka Selatan itu bilang jadi zona hijau kembali," ujar Mikron saat dikonfirmasi bangkapos.com, Selasa (13/7/2021).

Namun Dia mengingatkan, bagi wilayah yang menerapkan PPKM Mikro agar pelaksanaan sesuai ketentuan dan tanpa pengecualian.

"Jadi kepada daerah atau desa hingga RT yang menerapkan PPKM Mikro, satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pelaksanaannya, harus dalam pengecualian, bahkan penegakan dan penerapannya agar berdampak keberhasilan. Tetapi bila sudah ada pengecualian akan membuat semakin susah dalam pelaksanaannya," kata Mikron.

Dia juga mengatakan harus dibedakan antara PPKM Mikro dan PPKM Darurat yang gencar digaungkan saat ini di wilayah Indonesia.

"Sebenarnya berdasarkan intruksi Kemendagri No 17 Tahun 2021, Babel atau 34 provinsi bisa diterapkan PPKM. Kita harus bedakan PPKM Mikro dan Darurat, mikro itu aktif apabila daerah ada zonasi merah pada tingkat RT hingga kelurahan," jelas Mikron.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro bisa diaktifkan dengan mendirikan posko yang sudah ada.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved