Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung Kerap Diguyur Hujan Sepanjang Hari, BMKG: Masuk Zona Belokan Angin dan Konvergensi

Beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas ringan dan sedang kerap terjadi pada pagi hingga malam hari di beberapa wilayah Bangka Belitung.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
BANGKA POS/RESHA JUHARI
Warga berada di kawasan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang yang dalam keadaan sedang gelombang tinggi. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan siaga satu bencana setelah cuaca ekstrem serta banjir rob merendam ratusan permukiman warga, di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung. Status kebencanaan ditetapkan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Roesman, hingga dua hari kedepan, setelah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang. Foto diambil Kamis (14/1/2021). BANGKA POS/RESHA JUHARI 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas ringan dan sedang kerap terjadi pada pagi hingga malam hari di beberapa wilayah Bangka Belitung.

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan fenomena tersebut terjadi karena Bangka Belitung masuk dalam zona angin dan konvergensi.

"Dari dua hari lalu dan juga hari ini, Babel masuk ke dalam zona belokan angin dan kovergensi yang menyebabkan potensi pembentukan awan-awan konvektif mejadi semakin besar di wilayah kita Ini lah penyebab utama masih terjadi hujan di wilayah kita tiga hari terakhir ini," ujar Kurniaji saat dikonfirmasi bangkapos.com, Rabu (14/7/2021).

Lebih lanjut, Dia menerangkan fenomena belokan angin dan konvergensi adalah faktor cuaca skala lokal yang biasanya mempunyai siklus 1-3 hari.

Namun terkadang menghilang atau berpindah tempat tetapi ada kemungkinan akan kembali lagi di posisi yang sama.

"Melihat dari prakiraan hari ini dan besok yang telah kami sebarkan, nampaknya hujan yg diprakirakan terjadi akibat fenomena ini cenderung hanya pada intensitas ringan hingga sedang saja namun potensi genangnya masih tetap ada," kata Kurniaji.

Dia menambahkan tidak ada himbauan khusus yan disampaikan terkait dengan kondisi cuaca yang diprakirakan masih berpeluang untuk turun hujan ringan-sedang pada 2-3 hari ke depan.

Namun yag pasti perlu dilakukan oleh masyarakat:

  1. Pantau terus kondisi dan prakiraan cuaca di sekitar anda melalui informasi resmi hanya dari BMKG Pangkalpinang atau melalui aplikasi Info BMKG serta berbagai sumber sosial media resmi BMKG yang ada saat ini
  2. Hati-hati berkendara ketika terpapar hujan dan tetap selalu lengkapi kendaraan anda dengan atribut lengkap untuk menghadapi hujan di dalam perjalanan.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved