Breaking News:

Virus Corona

Benarkah Air Kelapa Bisa Percepat Kesembuhan Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

banyak isu yang menyatakan, para penyintas Covid-19 bisa sembuh dari infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dengan rutin mengonsumsi air kelapa

Editor: Iwan Satriawan
kompas.com
Ilustrasi Air Kelapa 

BANGKAPOS.COM-Sebagian masyarakat percaya air kelapa bisa menyembuhkan dan membantu kesembuhan pasien Covid-19.

Namun para ahli menegaskan hingga saat ini belum ada bukti ilmiahnya.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinis RS Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari M.Gizi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Sebelumnya, banyak isu yang menyatakan, para penyintas Covid-19 bisa sembuh dari infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dengan rutin mengonsumsi air kelapa.

Bupati Aceh Barat H. Ramli MS adalah salah satu penyintas Covid-19 yang mengatakan dirinya bisa sembuh dari infeksi virus corona berkat khasiat yang didapat dengan meminum air kelapa secara rutin selama positif Covid-19.

"Selama menjalani masa isolasi di Bulan September kemarin, saya rutin minum air kelapa, dicampur sedikit garam dapur, satu sendok madu dan sedikit perasan jeruk nipis," ungkap Bupati Ramli MS dikutip dari Antara.

Ramli mengonsumsi ramuan air kelapa tersebut secara rutin setiap setelah sarapan pagi dan makan malam, yang menjadikan tubuhnya perlahan-lahan membaik, hingga dinyatakan negatif Covid-19.

Tidak hanya Ramli, ternyata mengonsumsi rutin air kelapa dan dikaitkan dengan percepatan kesembuhan Covid-19 juga diceritakan oleh tenaga perawat di RS Bhayangkara Indramayu Jawa Barat Cecep Nanang.

"Sebenarnya saya paham virus Covid-19 ini belum ada obatnya, namun saya percaya bahwa salah satu kunci kesembuhan adalah menjaga agar tubuh saya mendapat kecukupan cairan dengan baik setiap saat," kata dia.

"Dengan minum air kelapa, tubuh saya dapat tetap mendapat cairan, kesegaran dan energi tambahan dari kadar gulanya, serta manfaat dari kandungan mineral dan vitaminnya untuk mendorong kesembuhan saya, selain tentu yang paling utama, saya tetap meminum obat-obatan dari vitamin yang diresepkan dokter kepada saya," imbuhnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved