Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Erzaldi Prihatin Tiap Tahun Peredaran Narkoba di Bangka Belitung Menanjak  

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  Erzaldi Rosman, prihatin karena setiap tahun angka peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Babel

Penulis: Antoni Ramli | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Erzaldi dan Forkopimda Bangka Belitung (Babel) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  Erzaldi Rosman, prihatin karena setiap tahun angka peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Babel terus menanjak.

Keprihatinan tersebut disampaikan Erzaldi, saat menjadi pembicara pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2021, di Soll Marina Hotel, Rabu (14/7/2021).

"Kita prihatin hari ke hari tahun ke tahun korban narkoba di Babel meningkat. Tentunya kami sangat mendukung Program Presiden melaui Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang narkotika. Untuk itu kami pun membuat turunannya dengan membuat Perda Nomor 39 Tahun 2018," kata Erzaldi.

Berbagai upaya dilakukan Pemprov Babel guna mendukung keberadaan BNN, guna meminimalisir peredaran dan penyalahgunaan Narkoba.

Tiga upaya pencegahan pun diterapkan yakni, primer, sekunder dan primer. 

Intinya pencegahan primer merupakan upaya pencegaan dalam metode sosialiasi, pendekatan yang melibatkan BNN, rumah sakit, Dinsos dan pusat rehabilitas.

"Kalau pencegahan skunder ini masyarakat korban narkoba supaya lepas ketergantungan dari Narkoba, dengan upaya sama,  rehabilitasi kebanyakan dilakukan dengan kawan-kawan yang mendirikan pusat rehabilitasi baik secara mandiri maupun disediakan provinsi," jelasnya.

Sementara itu, pencegahan tersier yakni upaya pencegahan pecandu yang sudah pulih dan bisa kembali diterima di masyarakat.

Hanya saja menurut Erzaldi,  metode tersebut belum berjalan secara baik.

"Tetapi mohon maaf tersier ini belum tersosialisasikan dengan baik. Kenapa demikian karena masyarakat, cenderung tidak mau menerima mereka," katanya. ( Bangkapos.com / Anthoni Ramli)  
 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved