Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Tekan Angka Kasus Covid, Herry Erfian Ajak Semua Lintas Sektor Berkoordinasi Aktifkan Rumah Isolasi

Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian meminta semua lintas sektor terkait untuk bersama-sama saling berkoordinasi dalam penanganan covid-19

Penulis: Sela Agustika | Editor: khamelia
bangkapos.com
Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian meminta semua lintas sektor terkait untuk bersama-sama saling berkoordinasi dalam penanganan covid-19 mengingat kondisi kasus covid-19 yang terus terjadi peningkatan, khususnya di Kabupaten Bangka Tengah.

Bahkan ia juga meminta kepada masyarakat untuk lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan guna menekan angka kasus covid-19 baru.

"Peningkatan kondisi kasus covid-19 saat ini memang sangat tinggi, khususnya di Bangka Tengah. Untuk itu kita bersama-sama melakukan tindak lanjut agar kasus ini bisa diminimalisir. Dan kita meminta kepada pihak terkait, khususnya Polres untuk lebih ketat dan memberikan efek jera kepada masyarakat yang tidak patuh prokes,"ungkap Erfian saat menggelar Rapat Koordinasi Satuan Tugas Covid-19 Bangka Tengah, Rabu (14/7/2021).

Lanjutnya, mengingat kondisi ruang isolasi dan  ruang pasien positif di rumah sakit yang saat ini telah terisi penuh, Erfian pun mengarahkan kepada seluruh camat untuk mengaktifkan kembali rumah-rumah karantina di masing-masing Desa-Desa agar tidak adanya pasien yang melakukan isolasi mandiri.

"Di tengah kondisi peningkatan kasus Covid-19 saat ini yang sangat signifikan, bahkan semua ruangan isolasi yang adapun saat ini terisi penuh, untuk itu kita harap rumah karantina yang di masing-masing desa ini diaktifkan kembali," ujarnya.

Kata Erfian, guna mengantisipasi ketersedian ruang isolasi saat ini pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan maupun pihak Rumah Sakit dengan kembali menyiapkan ruang rawat baru dan beberapa fasilitas lainnya.

"Kita terus berupaya agar memberikan pelayanan optimal kepada Masyarakat Bangka Tengah, di mana saat ini kita sudah koordinasi dengan pihak Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan Bangka Tengah akan kembali menyiapkan ruang rawat lebih dengan target ada 15 tempat tidur baru beserta fasilitas lainnya," kata Erfian.

Sementara itu percepatan vaksinasi menjadi upaya yang saat ini juga dilakukan pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam menekan angka kasus covid-19. 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Bangka Tengah realisasi percepatan vaksinasi di Bangka Tengah baru mencapai 12,6 persen dari total target pelaksanaan vaksinasi 70 persen. 

"Memang saat ini kondisi sasaran pelaksanaan vaksinasi masih rendah 12,6 persen dari targt 70 persen agar terbentu kekebalan kelompok. Memang saat ini masyarakat sudah mulai antusias vaksin, namun memang kondisi vaksin yang saat ini yang terbatas menjadi kendala. Dan saat ini kita hanya fokus memberi vaksin dosis dua ke masyaarakat," ujarnya Zaitun.

Dengan perkembangan kasus Covid-19 yang terus meningkatan dan ketersedian ruangan yang sudah terisi penuh, ia pun meminta agar semua lintas sektor turut melakukan sosialisai peningnya penerapan protokol kesehatan 5 M.

"Kita sangat berharap semua lintas sektor ini saling berkoordinasi dan mengajak masyarakat untuk taat prokes, khsusnya menggunakan masker, mengurangi mobilitas, dan lainnya. karena ini menjadi upaya utama dalam menekan kasus covid-19 ini," tutur Zaitun.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved