Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Banyak Izin Tak Lengkap, Pemprov Bentuk Tim Terpadu Percepatan Perizinan Tambak Udang Vaname

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung membuat tim terpadu percepatan perizinan tambak udang vaname di Babel.

Penulis: Riki Pratama | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung, Marwan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Industri di Provinsi Bangka Belitung terus menggeliat di tengah Pandemi Covid-19. Namun dari 120 tambang udang di Babel tidak semuanya memiliki izin lingkungan yang lengkap, sehingga terjadi protes masyarakat dan pencemaran lingkungan.

Dari persoalan tersebut, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung membuat tim terpadu percepatan perizinan tambak udang vaname di Babel.

Ketua tim terpadu percepatan perizinan tambak udang, Dasminto yang juga kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Babel, mengatakan, tim terpadu dibentuk untuk mengawal pembangunan tambak udang vaname di Babel.

"Secara garis besar, kami dari tim terpadu ini yang akan mengawal pembangunan tambak udang vaname. Kita konsen pada perizinan," jelas Dasminto kepada Bangkapos.com, Kamis (15/7/2021).

Dia menambahkan mereka telah mengundang dan melakukan pertemuan dengab pihak terkait di Babel, dari Polda Babel, Kejati dan pemerintah di kabupaten/kota.

"Karena selama ini berkembang pelaku usaha ada bermacam-macam tipe pengurusan perizinan yang ada di kabupaten/kota. Kami membentuk tim terpadu, untuk mengawal izin terkait tambak udang vaname ini. Agar memiliki frame yang sama dari standar opersional prosedur (SOP)," tegasnya.

Dasminto, mengatakan mereka nantinya bakal memberikan standar pelayanan pengurusan izin tambak udang di Babel sehingga sama dan dapat mempermudah pelaku usaha tambak udang.

"Sehingga pemerintah di kabupaten dan kota satu dengan kabupaten lain, atau sama. Kami saat ini sedang bikin menggodoknya, biar nanti keluar standar operasional prosedur dapat dilakukan teman-teman di kabupaten/kota," terangnya.

Lebih jauh, Dasminto mengatakan sejauh ini untuk pelaksanaan izin diawali melalui sistem online, pengusaha harus mengakses melalui online singel submission (OSS) sebagai sistem yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan berusaha.

"Karena itu telah sesuai dengan peraturan pemerintah diawali melalui aplikasi online, untuk persyaratannya setelah itu mereka melakukan perizinan di PTSP di kabupaten/kota. Jadi untuk perizinan tambak udang vaname khusus di Babel sebagian besar di kabupaten/kota," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved