Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Dua RT di Pangkalpinang Masuk Zona Merah dan Terapkan PPKM Mikro, Ini Ketentuan Zona di Tingkat RT

Empat dari tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditetapkan menjadi zona merah Covid-19.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim (MH) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Empat dari tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditetapkan menjadi zona merah Covid-19.

Keempat wilayah tersebut yakni, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung.

Sementara Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Belitung Timur ditetapkan menjadi zona oranye. Untuk wilayah zona kuning di Babel dinyatakan nihil.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim menyebut, berdasarkan data terakhir masih tersisa dua RT di Kota Pangkalpinang yang dinyatakan zona merah. Yakni RT 01 Kelurahan Air Salemba dan RT 09 Kelurahan Bukit Merapin.

"Kemarinkan ada enam terupdate hari ini tersisa dua RT lagi sampai sekarang belum ada penambahan. Kalaupun ada yang sudah selesai isolasi mandirinya nanti akan kita update ulang datanya, kalau sudah selesai nanti RT itu tidak lagi masuk sebagai zona merah," kata Hakim kepada Bangkapos.com melalui telphone suara, Kamis (15/7/2021).

Hakim menuturkan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro atau PPKM mikro berlaku mulai 9 Februari 2021 lalu. Dan hingga saat ini diterapkan di RT yang ditetapkan zona merah.

Aturannya memuat tentang pelaksanaan PPKM mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian Covid-19, ada ketentuan kriteria 4 zona yang berlaku hingga di tingkat rukun tetangga (RT).

Namun diakui Hakim secara keseluruhan Kota Pangkalpinang memang masuk zona merah. Dengan total jumlah kasus aktif atau kasus yang masih menjalani karantina hingga data kemarin, Kamis (15/7) berjumlah 812 orang.

Untuk zona hijau kata Hakim, kriteria hanya diberlakukan untuk daerah yang bebas kasus Covid-19 dalam satu wilayah RT. Skenario pengendalian Covid-19 pada zona ini dilakukan dengan surveilans aktif.

Dan zona kuning berlaku untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1 sampai 5 rumah dalam satu RT selama seminggu terakhir.

"Skenario pengendaliannya dengan menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat. Pasien positif wajib melakukan isolasi, tak hanya itu rumah yang anggota keluarganya terinfeksi juga perlu melakukan isolasi mandiri. Demikian pula dengan kasus suspek dan kontak erat siapa tau ketika dites virusnya belum terbaca yang sebetuknya dia positif makanya untuk jaga-jaga tetap isolasi," sebut Hakim.

Lalu zona orange berlaku untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 6 hingga 10 rumah dalam satu RT selama seminggu terakhir.

Terakhir zona merah, berlaku untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak lebih dari 10 rumah dalam satu RT selama seminggu terakhir.

"Khusus untuk zona merah, penanganan dan pengendalian di tingkat RT meliputi, pelacakan kontak erat dengan melakukan tracing sebanyak mungkin, dilarang ada kerumunan lebih dari 3 orang, meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan," ujar Hakim.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved