Breaking News:

Perdalam Praktik Ilmu Hukum, Mahasiswa Prodi HKI Ikuti PKL di Pengadilan Agama Muntok

Sebagai mahasiswa merupakan suatu kebangaan untuk mendapatkan pengalaman secara teori maupun praktik di luar ruang lingkup kampusnya

Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Bangka Belitung
Penyerahan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Pengadilan Agama Mentok oleh diserahkan langsung oleh Ketua Panitia PKL sekaligus Kaprodi HKI Dr. Tinggal Purwanto M.S.I dan didampingi oleh DPL Muhammad Amin, M.Ag, Kamis (15/07/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sebagai mahasiswa merupakan suatu kebangaan untuk mendapatkan pengalaman secara teori maupun praktik di luar ruang lingkup kampusnya, antara lain melalui prakti kerja lapangan (PKL).

PKL di Pengadilan Agama Muntok ini diserahkan oleh Ketua Panitia PKL yang sekaligus Kaprodi HKI Dr Tinggal Purwanto MS.I dan didampingi oleh  DPL Muhammad Amin, MAg.

Terdiri empat orang mahasiswa, masing-masing dua orang laki-laki dan dua orang perempuan. Kedatangan Mahawiswa Prodi Hukum Keluarga Islam disambut hangat oleh pihak Pengadilan yang mana kami akan melaksanakan kegiatan di Pengadilan Agama Muntok tersebut selama 45 hari.

"Kami ucapkan terimakasih juga atas kepercayaannya dititp kembali mahasiswa kepada kami, akan kami didik semampu kami untuk  mereka ini menguasai yang nantinya akan diterapkan di dunia kerja yang sesungguhnya” ujar Tibyani SAg, MH, Ketua Pengadilan Agama Mentok saat diwawancarai kamis, (15/07/2021).

"Secara Pratik dalam keilmuannya Prodi Hukum Keluarga Islam ini sangat berkaitan pada apa yang ada dalam tatanan pengadilan tersebut karena pengadilan merupakan rumah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam terutama Hukum Keluarga Islam," tambah Tibyani.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Muhammad Amin, MAg berharap Ketua Pengadilan Agama Muntok, dapat membimbing mahasiswa-mahasiswi tersebut.

“Dimohon kepada bapak untuk membimbing mahasiswa kami agar diberikan ilmu sepenuhnya dengan mengajarkan kepada mereka hal-hal yang belum mereka kuasai secara praktiknya karena biasanya dikelas hanya teorinya saja serta diberi teguran juga jika melakukan hal yang kurang diinginkan,” ujarnya.

          

Adapun pembagian tugasnya dibagikan dalam dua kategori yakni bagian kepaniteraan dan sekretariat.  Selanjutnya didampingi untuk melihat ruangan yang ada di Pengadilan beserta para petinggi yang ada di Pengadilan Agama tersebut.

"Hari pertama PKL kami berkesempatan untuk mencoba menulis dua perkara yang berbeda yang diarahkan oleh Panmud permohonan. Dari uraian di atas, kita sebagai mahasiswa berharap generasi penerus bangsa untuk selalu bersemangat dalam menggali hal-hal yang baru yang belum kita temui didunia perkuliahan guna untuk menambah pengalaman yang akan kita terapkan di dunia kerja yang sesungguhnya," katanya. (*)

Penulis: Nur Halimah Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam/ Peserta PKL Pengadilan Agama Mentok.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved