Breaking News:

Advertorial

Kembangkan Potensi Bidang Peternakan dan Kerajinan Batik Desa Simpang Katis

DESA Simpang Katis, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah memiliki luas wilayah 10.27.850 hektare dengan populasi jumlah jiwa 2.938 jiwa.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: khamelia
Widodo
Kepala Desa Simpang katis memamerkan hasil karya membatik dilakukan anggota kelompoknya Selasa (6/7). 

Wadah Tingkatkan Ekonomi Desa Simpang Katis

Kembangkan Potensi Bidang Peternakan dan Kerajinan Batik

DESA Simpang Katis, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah memiliki luas wilayah 10.27.850 hektare dengan populasi jumlah jiwa 2.938 jiwa. Jumlah ini terdiri dari perempuan 1.446 jiwa sedangkan laki-laki 1.492 jiwa dengan jumlah 690 keluarga.

Desa Simpang Katis sebelah Utara berbatasan dengan Desa Beruas, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Teru,sebelah Timur dengan Desa Katis, sebelah selatan berbatasan Desa Keretak. Desa Simpang Katis saat ini tengah gencar-gencarnya mengembangkan potensi desa di bidang peternakan dan kerajinan tangan.
Di tahun 2021, desa ini mencoba untuk meningkatkan potensi di bidang peternakan penggemukan sapi yang berada di RT 02 dengan nama kelompok Maju Mulya. Kelompok Maju Mulya memiliki 10 anggota untuk Program pengguliran ternak sapi yang diketuai oleh Mustaman.

Saat ini ada 13 sapi di tempat ini, Karena beberapa sapi lainnya sudah laku terjual. Berat sapi di peternakan ini kurang lebih berkisar dari 350-700 kilogram untuk jenis sapi Limosin, kemudian untuk jenis sapi PO sampai 400 kilogram. 

Sapi dari hasil Penggemukan ini nantinya akan dijual kepada masyarakat untuk kebutuhan hewan kurban di hari Raya Iduladha tahun ini.

Selain itu, Desa Simpang Katis juga memiliki potensi lainnya seperti kerajinan batik yang bernama batik pakis. Kelompok Batik Pakis yang diketuai oleh Siti Dawiyah ini, memiliki 10 anggota yang ikut terlibat dalam pembuatan batik tulis di rumah produksi. 

Batik Tulis Pakis merupakan kerajinan tangan yang mengangkat budaya dan motif khas Bangka Belitung dengan motif seperti Timah, Lada, Daun pakis, Nesimpor, Motif biota laut seperti Kepiting, udang, ikan dan lainnya.

Saat ini rumah produksi batik tulis dari Kelompok Batik Pakis beralamat di RT 06, RW 02 Desa Simpang Katis, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah yang juga berpotensi meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. (adv/t4)

Sejarah Terbentuknya Desa Simpang Katis

DESA Simpang Katis dengan slogan Betuah yang artinya (Berseri, Tentram, Unik, Aman, Harmonis) dibentuk berdasarkan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Bangka nomor 7 tentang pembentukan 9 Kecamatan bahwa Desa Simpang Katis terjadinya nama Desa Simpang Katis. Dahulu ada sebuah kawasan hutan yang disebut simpang.

Kawasan simpang ini terletak di antara dua dusun yakni Dusun Serai yang masuk secara administrasi wilayah Desa Beruas, kemudian dusun kampung lama secara administrasi masuk wilayah Desa Keretak. Maka waktu itu tempat perkuburan Desa Simpang Katis terletak di wilayah Desa Keretak sampai saat ini.
Kemudian waktu itu, dari dua dusun tersebut merayakan nganggung Sepintu Sedulang yang mana dari sisa makanan tersebut tepat di persimpangan tiga tersebut tumbuhlah pohon Katis. (adv/t4)

Prestasi yang diraih Desa Simpang Katis 
1. Juara 1 Lomba Desa tingkat Kabupaten dan Provinsi.
2. juara 1 lomba PKK KBS Kesehatan Tingkat Kabupaten tahun 2017.
3. juara 3 tingkat RT Kabupaten tahun 2017.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved