Breaking News:

Ikan Pari

Perpaduan Bumbunya Bikin Nagih, Begini Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Pari Khas Bangka

Perpaduan berbagai bumbunya yang meresap dijamin menciptakan sensansi kenikmatan dalam mulut anda tatkala mencicipinya

Penulis: Magang5 | Editor: Ardhina Trisila Sakti
bangka.tribunnews.com
Lempah kuning ikan pari 

BANGKAPOS.COM - Ikan pari merupakan satu diantara jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Ikan yang memiliki daging tebal tersebut memiliki cita rasa yang lezat untuk disajikan dalam berbagai jenis hidangan.

Hidangan ikan pari biasanya dimasak dalam bentuk di goreng, dibakar, dipanggang, dibumbui dengan asam manis, diasap, disambel, atau dibuat sup. 

Berbagai wilayah di Indonesia punya cara tersendiri untuk mengolah ikan pari menjadi masakan yang menggunggah selera, tak terkecuali di Bangka Belitung.

Bangka Belitung terkenal dengan hidangan kulinernya yang mampu menggoyang lidah. Namun, yang paling terkenal dan kerap dijumpai diberbagai daerah di wilayah ini ialah menu lempah kuningnya.

Lempah kuning ialah menu kuliner khas Bangka Belitung berupa lempah atau sup yang dilengkapi dengan berbagai rempah. Lempah kuning biasanya menggunakan bahan utama berupa daging ayam, udang, atau ikan.

Banyak jenis ikan yang dapat digunakan sebagai hidangan lempah, tak terkecuali ikan pari. Orang-orang biasa menyebutnya dengan lempah kuning ikan pari khas Bangka.

Lempah ikan pari memiliki kelezatan yang tak kalah dari berbagai menu kulinernya. Perpaduan berbagai bumbunya yang meresap dijamin menciptakan sensansi kenikmatan dalam mulut anda tatkala mencicipinya.

Apalagi tak hanya menawarkan citarasa khas, ikan pari kandungan penting yakni protein, omega 3, dan berbagai vitamin lainnya yang sangat baik bagi kesehatan.

Bagi anda yang pensaran dan ingin membuat hidangan lempah kuning ikan pari khas Bangka anda dapat mencoba resep hidangan lempah kuning ikan pari khas Bangka Berikut ini.

Bahan 

  • 500 gram ikan pari segar
  • 3 lembar daun kedondong, dicuci bersih
  • Perasan jeruk nipis
  • 1 buah tomat
  • 1 buah mentimun
  • 1`sdt terasi
  • 1 gelas air asam jawa (kental)
  • 3 sendok makan halus pasir garam
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 buah cabai besar

Cara Membuat

  1. Terlebih dahulu bersihkan ikan pari agar terbebas dari kotoran yang menempel. Anda dapat membuang ekor serta ujung kepala ikan pari lalu memotong bagian tulangnya dan perut ikan pari. Jangan lupa juga untuk membuang isi bagian organ perutnya kiri dan kanan dan bersihkan juga bagian insang sampai ke perut ikan. 
  2. Lumuri ikan pari dengan perasan jeruk nipis agar aromanya lebih segar, kemudian diamkan sesaat lalu bilas hingga bersih.
  3. Ikan pari kemudian dipotong-potong.  Haluskan semua bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, terasi, kemiri, dan cabai. Setelah bumbu dihaluskan, panaskan kompor dengan api sedang.
  4. Rebus air dan tambahkan air asam jawa, setelah itu masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan.
  5. Masukan ikan pari yang sudah di potong-potong dan tambahkan garam dan gula secukupnya. Jangan lupa untuk diaduk secara rata hingga warnanya berubah dan tunggu hingga mendidih.
  6. Setelah mendidih masukkan daun kedondong, irisan tomat serta mentimun.
  7. Setelah matang, angkat masakan dan pindahkan ke mangkuk. Hidangan lempah kuning ikan pari siap untuk disajikan dan disantap.

(Bangkapos.com/Vigestha Repit)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved