Breaking News:

Turunkan Tekanan Darah, Ini Sederet Manfaat Memelihara Ikan dalam Akuarium

Para peneliti membandingkan efek yang dihasilkan ketika seseorang meletakkan akuarium kosong dengan dekorasi cantik dan akuarium berisi ikan.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
kaltim.tribunnews
akuarium 

BANGKAPOS.COM - Sama dengan hewan peliharaan lainnya seperti anjing dan kucing, memelihara ikan cupang juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan mental.

Melansir dari The Spruce, Jumat (16/7/2021), sebuah studi menunjukkan bahwa menatap ikan di akuarium dapat mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

Para peneliti membandingkan efek yang dihasilkan ketika seseorang meletakkan akuarium kosong dengan dekorasi cantik dan akuarium berisi ikan.

Hasilnya ditemukan bahwa akuarium berisi ikan terbukti dapat menurunkan tekanan darah yang lebih besar daripada akuarium yang hanya berisi dekorasi cantik.

Sementara itu, lansia yang melihat akuarium berisi ikan menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan.

Begitu juga melihat ikan di dalam akuarium terbukti dapat menenangkan anak-anak yang menderita gangguan hiperaktif.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pasien gigi membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit.

Namun, setelah melihat ikan di klinik dokter gigi, pasien tersebut bisa lebih rileks dan tenang. Tak heran, bila klinik gigi dan pusat konseling memiliki akuarium di ruang tunggu.

1. Efek akuarium pada penyakit alzheimer
Manfaat memelihara ikan cupang juga ditunjukkan oleh penelitian lain yang membuktikan bahwa lansia dengan penyakit alzheimer mengalami berbagai manfaat kesehatan dari melihat akuarium.

Di Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat, para peneliti menemukan bahwa memajang akuarium ikan berwarna cerah dapat memengurangi perilaku mengganggu dan meningkatkan kebiasaan makan pada mereka dengan penyakit Alzheimer.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved