Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Ada Penambahan, Total Sudah 85 Warga Dusun Pait Jaya Muntok, Bangka Barat Terpapar Covid-19

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Dusun VI Rt 03, Rw 01, Pait Jaya, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Bangka Barat sudah mencapai 85 orang.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)
Spanduk PPKM Mikro di Dusun VI Rt 03, Rw 01, Pait Jaya, Desa Belo, Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (17/07/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Dusun VI Rt 03, Rw 01, Pait Jaya, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Bangka Barat sudah mencapai 85 orang.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat Putra Kusuma, penambahan ini setelah dilakukan swab massal, Rabu (13/07/2021) lalu.

"Total kasus yang terindentifikasi oleh tim pemeriksa itu dari awal, sampai dengan semalam ada 85 orang. Dari hasil swab massal itu ada 30 orang positif, dari 233 spesimen yang kita periksa. Kemudian 15 orang positif dari tracking awal jadi ada penambahan 45 orang," ujar Putra Kusuma, Sabtu (17/07/2021).

Sebelumnya PPKM Mikro Dusun Pait Jaya ditetapkan selama 10 hari sejak dilakukan pada Rabu (07/07/2021), bermula adanya 11 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sebagian juga mungkin ada sekitar 30-an orang, hari Minggu nanti sudah selesai isolasi. Sebagian ada 30 lagi kalau dia tidak ada gejala dia akan selesai isolasi sekitar tanggal 22 Juli, kalau misalnya ada gejala tambahan dilanjutkan sampai tanggal 25 Juli," tuturnya.

Terkait pemberlakuan PPKM Mikro, Putra Kusuma mengatakan pihaknya bersama tim gabungan, seperti Pemkab Bangka Barat hingga Polres Bangka Barat akan membuka portal guna menjalankan aktivitas warga seperti biasa.

"Sebetulnya kita tetap menerapkan karantina mandiri yang ketat, Pemda mendengar aspirasi masyarakat, pelaku usaha, dari berbagai pihak untuk menengahi dan mencari solusi. Jadi yang masih isolasi itu tetap isolasi mandiri, sampai batas waktu yang sudah ditentukan berdasarkan proseduralnya. Untuk blokade di sisi hulu dan hilir jalan itu, akan dibuka Insya Allah besok (Minggu)," jelasnya.

Selain itu untuk status zonasi merah terhadap Dusun VI Rt 03, Rw 01, Pait Jaya, Desa Belo Laut, Putra mengatakan masih menunggu hingga 25 Juli 2021, untuk melihat adanya perkembangan kasus terkonfirmasi Covid-19.

"Zona merah masih tetap berdasarkan instruksi Mendagri, kasus yang lebih dari tujuh rumah dalam satu RT dalam tujuh hari terakhir. Masih tetap masuk zona merah sampai mungkin nanti di tanggal 25 Juli, apabila tidak ada kasus tambahan maka status zona merahnya otomatis akan berubah sesuai dengan Instruksi Mendagri tersebut," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved