Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Berikan Trobosan Baru Cetak E-KTP Cuma 15 Menit di Disdukcapil Pangkalpinang

Dulu untuk menadaptkan E-KTP sebagai bukti kependudukan saat memasuki usia 17 tahun butuh waktu yang lama untuk mendapatkannya.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dulu untuk menadaptkan E-KTP sebagai bukti kependudukan saat memasuki usia 17 tahun butuh waktu yang lama untuk mendapatkannya.

Namun sekarang berkat usaha Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin yang baru saja menjabat selama enam bulan itu, pencetakan E-KTP tidak lagi membutuhkan waktu lama.

Hanya 15 menit saja dengan persyaratan lengkap KTP bisa langsung jadi, untuk yang baru membuat KTP bisa langsung rekam wajah atau berfoto.

Tidak hanya KTP baru saja, tapi KTP rusak, hilang juga dapat selesai cukup dengan lima menit.

Menurut Darwin, disdukcapil ibarat casingnya Pemerintah Kota atau Kabupaten. Jika pelayanan di disdukcapil bagus maka baguslah pelayanan di pemerintahan tersebut.

Dengan demikian, sejak enam bulan dirinya ditempatkan oleh Wali Kota Pangkalpinang untuk mengurusi disdukcapil, ia selalu memberikan inovasi baru dan torobosan baru. Dengan kata kunci ingin selalu memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat.

"Kalau kinerja disdukcapik bagus  kinerja pemerintah sudah pasti dianggap bagus juga oleh masyarakat. Inovasi dan trobosan yang kita berikan sifatnya pelayanan yang selalu membahagiakan masyarakat, bagaimanapun masyarakat kita tidak ingin yang ribet-ribet selalu ingin yang cepat, baik, nah terus kita upayakan itu," jelas Darwin kepada Bangkapos.com.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin (Dok/Darwin)

Kata Darwin, ada 29 jenis pelayanan dokumen di Disdukcapil, namuan dokumen yang paling kerap diajukan masyarakat adalah KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Tak hanya itu, Kartu Identitas Anak (KIA) juga sekarang bisa didapatkan dengan mudah di disdukcapil.

"Tugas pokok kita ASN itu sebetulnya adalah pelayan masyarakat, kita sudah mengikat perjanjian sudah disumpah, berarti sudah sah menjadi pelayan. Maksimalkanlah tugas kita tersebut sebagai pelayan cari apa yang dikeluhkan masyarakat kemarin ternyata pelayanan KTP masih lama kita benahi terus-terus untuk masyarakat kita selama ini tidak melanggar hukum kerjakan," tegasnya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved