Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Begini Aturan Salat Id Besok di Masjid Agung, Simak Penjelasan Panitia  

Pengurus sekaligus Panitia Hari Raya Iduladha 1442 H Masjid Agung Sungailiat Bangka melakukan sejumlah persiapan Salat Id, yang rencananya digelar, be

Penulis: Magang2 | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Masjid Agung Sungailiat, Bangka. (Bangkapos/Arya Bima Mahendra) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pengurus sekaligus Panitia Hari Raya Iduladha 1442 H Masjid Agung Sungailiat Bangka melakukan sejumlah persiapan Salat Id, yang rencananya digelar, besok.

Menyambut Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah yang jatuh pada, Selasa (20/7/2021), Pengurus Masjid Agung Sungailiat Bangka melakukan berbagai langkah untuk mencegah terjadinya kerumunan dalam jumlah besar.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelolan Masjid Agung Sungailiat, Matzen Matyasin saat dijumpai Bangkapos.com di sekitar Pekarangan Masjid Agung Sungailiat, Senin (19/7/2021) siang.

"Siap, pokoknya semua sudah kita persiapkan, aman terkendali," kata Matzen.

Matzen menyampaikan bahwa ia bersama dengan Panitia Hari Raya Iduladha Masjid Agung Sungailiat telah menyiapkan segala sesuatu kebutuhan terkait pelaksanaan Salat Id, besok.

Untuk mengantisipasi banyaknya jemaah dalam satu tempat, panitia telah mengatur posisi jemaah.

"Jemaah pria nanti salatnya di dalam masjid dan pelataran sebelah kiri masjid, sedangkan untuk jemaah wanita salatnya di depan pintu gerbang utama dan di parkiran sebelah kanan," jelas Matzen.

Matzen juga mengatakan bahwa nanti akan ada masing-masing empat panitia pengurus yang menjaga gerbang pintu Masjid Agung Sungailiat. "Ada yang standby nanti buat mengatur dan mengarahkan jemaah," ujarnya.

Tak hanya itu, pembatasan jarak antar jemaah juga tetap dilakukan. "Sama seperti dulu, kita kasih jarak satu meter, bahkan di tempat parkiran dan di pelataran masjid juga sudah dikasih tanda buat shafnya," tambah Matzen.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan masker dan menambah tempat cuci tangan di sejumlah titik.

Demi meminimalir kerumunan yang terlalu lama, Matzen menyebutkan, Khutbah Iduladha dibatasi maksimal 15 menit.

Sementara itu, kegiatan pemotongan sapi kurban akan dilaksanakan keesokan harinya di TPA belakang Masjid Agung Sungailiat, Rabu (21/7/2021).

Matzen menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu datang dan menonton proses pemotongan kurban.

"Enggak usah datang ke masjid, yang boleh ke lokasi hanya panitia dan orang yang berkurban saja. Urasan daging nanti biar panitia yang mengantarkan ke rumah," tegasnya. (Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved