Breaking News:

Bencana Alam Hari Ini

BNPB Minta 9 Daerah Ini Waspadai Banjir

Sembilan daerah tersebut adalah Kabupaten Bogor, Ciamis, Cianjur, Tasikmalaya, Kota Bogor dan Pangandaran, Cilacap, Banyumas, dan Donggala

Editor: Dedy Qurniawan
Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra
Foto hanya Ilustrasi - Kondisi Banjir di Kawasan Bukit Tani, Pangkalpinang, Jumat (11/6/202) sore. 

BANGKAPOS.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat di sembilan daerah di Indonesia mewaspadai banjir.

Kesembilan daerah yang berstatus waspada banjir tersebut di antaranya Kabupaten Bogor, Ciamis, Cianjur, Tasikmalaya, Kota Bogor dan Pangandaran di Jawa Barat.

Kemudian ada pula Cilacap dan Banyumas di Jawa Tengah dan Donggala di Sulawesi Tengah juga berada pada status yang sama.

BNPB pun mengeluaskan kepada masyarakat di sembilan daerah untuk melalukan antisipasi potensi waspada bahaya banjir pada Senin (19/7/2021).

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari mengatakan, langkah tersebut dilakukan di tingkat keluarga maupun komunitas.

Data tersebut berdasarkan analisis inarisk dan analisis data impact based forecast dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"BNPB juga meminta masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah berpotensi banjir untuk mengambil langkah antisipasi dan kesiapsiagaan," kata Muhari melalui keterangan tertulis, Minggu (18/7/2021).

Baca juga: Gempa Hari Ini Senin 19 Juli 2021 Pagi Guncang Bandung dan Gorontalo

Adapun hal yang direkomendasikan BNPB pada masyarakat yakni menyiagakan tim siaga bencana seperti memantau kondisi terkini lapangan.

Kemudian, melakukan koordinasi dengan aparatur desa dan menyiapkan evakuasi, menyimpan barang penting ke tempat aman di dalam rumah.

Selanjutnya, membatasi aktivitas di luar rumah, jika berada di luar rumah hindari pohon besar, baliho, dan saluran air atau gorong-gorong.

Selain itu, menyiapkan tas siaga yang dapat diisi dengan makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga, maupun barang-barang lain yang dibutuhkan, seperti masker medis cadangan, hand-sanitizer.

Serta tetap menerapkan protokol kesehatan yaknk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada Potensi Banjir di 9 Daerah, BNPB Rekomendasikan Masyarakat Lakukan Antisipasi Ini..."

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved