Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Enam RT Zona Merah dan 45 RT Zona Orange di Pangkalpinang Tak Diizinkan Salat Id Berjamaah

Enam RT Zona Merah dan 45 RT Zona Orange di Pangkalpinang tidak boleh menggelar Salat Id Iduladha 1442 Hijriah berjemaah.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Fery Laskari
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Virus Corona Baru 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Enam RT Zona Merah dan 45 RT Zona Orange di Pangkalpinang tidak boleh menggelar Salat Id Iduladha 1442 Hijriah berjemaah.

Demikian hal tersebut disebutkan, Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim.

Menurut Rohim hal tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Sehingga kata Rohim, demi menjamin rasa aman itu, perlu adanya protokol kesehatan ketat yang mengatur soal tata cara penyelenggaraan Salat Iduladha dan pemotongan hewan kurban.

"Untuk Kota Pangkalpinang kita mengacu pada SE Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021, bahwa untuk Zona Merah dan orange itu Salat Id Iduladha ditiadakan untuk pelaksanaan di masjid, musala dan lapangan. Kami anjurkan untuk salat di rumah masing-masing," kata Rohim kepada Bangkapos.com, Senin (19/7/2021).

"Sementara untuk Zona Hijau dan kuning diperbolehkan melaksanakan Salat Id dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," lanjutnya.

Selain itu, setiap jemaah harus mengenakan masker dan menjaga jarak selama pelaksanaan Salat Iduladha sampai selesai.

Setiap jemaah juga wajib membawa alat salat masing-masing, seperti sajadah, mukena, sarung, dan lainnya.

Lalu, terkait malam takbiran menjelang Hari Raya Iduladha dapat dilakukan di semua masjid atau musala dan harus memperhatikan sejumlah ketentuan sebagai berikut.

"Malam takbiran harus dilakukan secara terbatas yakni dihadiri oleh maksimal sepuluh persen dari kapasitas masjid atau musala. Sebab masih di tengah pandemi, tidak diperbolehkan mengadakan takbir keliling untuk mencegah kerumunan," sebutnya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved