Breaking News:

Idul Adha 2021

Idul Adha 1442 Hijriah Kejari Bangka Barat Berkurban Tiga Sapi dan Dua Kambing

Idul Adha 1442 Hijriah kali ini Kejari Bangka Barat melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: khamelia
(Ist/Kejari Bangka Barat)
Kejari Bangka Barat melaksanakan penyembelihan hewan kurban, dan pembagian daging kurban. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bangka Barat Helena Octavianne, bersama seluruh pegawai melaksanakan penyembelihan hewan kurban dan pembagian daging kurban di Halaman Kantor Kejari Bangka Barat.

Idul Adha 1442 Hijriah kali ini Kejari Bangka Barat melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi, dua ekor kambing, serta pembagian beras sebanyak dua ton yang dibagikan secara bertahap.

"Daging kurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada yang berhak menerima yaitu orang yang berqurban dan keluarganya, kerabat, tetangga, dan teman sekitar, juga akan dibagikan kepada orang fakir dan miskin yang membutuhkan," ujar Helena Octavianne, Selasa (20/07/2021).

Kegiatan tersebut termasuk dalam program Jaksa Peduli, Jaksa Berbagi dan merupakan satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61.

"Ibadah kurban memiliki sejarah panjang dalam Islam yang mana perintah kurban pernah diberikan kepada Nabi Ibrahim AS, yang bermula dari mimpinya menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail AS," ucapnya.

"Adapun salah satu keutamaan kurban adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan salah satu bentuk rasa syukur, atas nikmat rezeki yang telah diberikan kepada kita. Salah satu perintah kurban terdapat dalam Surah Al-Kautsar ayat 2, maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan bequrbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah Al-Qur'an Surah Kautsar ayat 2," tambahnya.

Lebih lanjut proses penyembelihan hingga proses pembagian hewan kurban, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Semoga ini dapat bermanfaat terutama bagi orang-orang yang membutuhkan, dalam upaya kita membantu sesama. Sehingga kita berharap dan berdoa agar Indonesia terutama Kabupaten Bangka Barat, segera terlepas dari masa-masa sulit terdampak pandemi Covid-19 saat ini," ucapnya.

Selain itu Helena Octavianne mengatakan untuk terus berikhtiar, melaksanakan ibadah tersebut demi satu tujuan yaitu untuk menggapai ridho Allah SWT.

"Umat Islam diajarkan untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, dengan menjalankan ibadah kurban. Keteladanan itu berupa kesabaran dan keberserahan diri keduanya kepada Allah SWT, karena atas dasar itulah kita disyariatkan untuk berkurban," tuturnya. (Bangkapos.com/Rilis/Rizky Irianda Pahlevy).

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved