Breaking News:

Jaga Kebersihan, Ini 5 Benda di Dapur yang Harus Disingkirkan

Menjadi salah satu area yang sering digunakan di rumah membuat kebersihan dapur penting diperhatikan.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU
Ilustrasi dapur. 

BANGKAPOS.COM - Menjadi salah satu area yang sering digunakan di rumah membuat kebersihan dapur penting diperhatikan. Hal ini tidak hanya meliputi kebersihan lantai dan perlengkapan memasak saja, tetapi juga penting menyingkirkan beberapa benda di dapur yang sudah tidak terpakai lagi.

Melansir dari Thekitchn, Selasa (20/7/2021), berikut ini beberapa benda dapur yang harus disingkirkan atau diganti untuk menjaga kebersihan dapur.

1. Spons
Banyak orang yang terkadang tidak mengganti spons cuci piring dalam waktu yang cukup lama.

Padahal, spons yang kotor merupakan tempat penyebaran kuman. Sohui Kim, seorang koki di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, mengatakan perlu mengganti spons cuci piring setiap beberapa minggu serta membersihkannya secara teratur dengan air panas dan pemutih.

2. Pisau tumpul
Pisau tumpul tentu membuat proses memasak menjadi lebih lama dan memakan banyak tenaga. Belum lagi, hal ini juga dapat membahayakan saat digunakan.

"Lebih berbahaya bekerja dengan pisau tumpul daripada pisau tajam," kata Kim.

Alih-alih membuang pisau tumpul, Kim menyarankan mengasahnya karena lebih mudah dan menghemat biaya daalam jangka panjang.

3. Peralatan meja yang tidak digunakan secara teratur
Ketika ingin meniru seorang koki profesional, Anda berusaha memenuhi meja dapur dengan semua peralatan.

Namun, pada kenyataannya, hal ini akan membuat dapur terlihat lebih berantakan dan tidak memberikan ruang gerak yang luas. Terlebih, jika peralatan itu tidak digunakan sepenuhnya.

"Bersihkan meja dan singkirkan semua peralatan yang tidak perlu dan hanya Anda gunakan sesekali," saran Kim.

4. Wajan yang tidak antilengket
Demi memudahkan proses memasak di dapur, Anda membutuhkan perlengkapan memasak yang praktis. Untuk itu, Kim menyarankan menggunakan wajan antilengket.

Selain membantu lebih cepat proses memasak, panci atau wajan antilengket minim perawatan daripada perlengkapan memasak yang tidak antilengket.

5. Peralatan yang sudah tidak berfungsi
Pada akhirnya, peralatan dapur yang efisien dapat membantu hidup lebih mudah. Karena itu, jika memiliki peralatan memasak yang tidak lagi berfungsi baik seperti pembuka kaleng atau parutan keju yang sudah berkarat, mungkin inilah saatnya untuk membuangnya. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Ini 5 Benda di Dapur yang Harus Disingkirkan"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved