Breaking News:

Berita Pangkalpinang

RSUD Soekarno Sudah Punya Alat Terapi Plasma Konvalensen, Bisa Bantu Penyebuhan dari Covid-19

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Bangka Belitung, telah memiliki alat terapi plasma konvalensen.

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Riki Pratama
Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno, Armayani Rusli. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Bangka Belitung, telah memiliki alat terapi plasma konvalensen.

Metode ini menjadi pilihan untuk pengobatan pasien Corona melalui plasma darah penyintas Covid-19.

Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno, Armayani Rusli, mengatakan, pihak RSUD telah memiliki satu alat terapi plasma konvalesen.

"Alatnya sudah ada di RSUD, penggunaanya akan dilakukan segera," kata Armayani kepada Bangkapos.com, Selasa (20/7/2021).

Armayani, menambahkan, untuk penggunaan plasma darah konvalesen, harus melalui proses di laboratorium untuk memeriksa sampel darah dari penyintas Covid-19.

"Perlu beberapa waktu lagi, kami sedang rapat bagaimana pemakainya, perlu ada pengambilan sampel di uji laboratorium. Alatnya ada satu di rumah sakit umum provinsi," lanjutnya.

Dengan adanya alat terapi plasma ini, Armayani mengharapkan dapat membantu penanganan penyembuhan Covid-19.

"Harapanya bisa membantu dan menolong mengurangi kasus yang berat di Babel ini," katanya.

Sementara, untuk kondisi rumah sakit khusus Covid-19 di RSUD Soekarno dia mengatakan masih tersisa 47 kamar untuk katagori ringan hingga sedang.

"Untuk ruang isolasi 2 terisi 20 orang, isolasi 3 ada 33 orang, total 53 yang terisi, kemudian sisanya 47 kamar,"lanjutnya.

Dengan kondisi tersebut, keterisian kamar di RSUD Khusus Covid-19 kondisi keterisian berkisar 50 persen.

"Kategori di atas 50 persen, mudah mudahan tidak lagi bertambah, kita juga saat ini tidak kelabakan. Kemudian sejauh ini dapat diatasi baik dari oksigen obat obatan dan lainnya," katanya.

(Bangkapos.com/Riki Pratama).

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved