Breaking News:

Cegah Penyakit Komorbid Diabetes Melitus ala Kadinkes Pangkalpinang, Cukup Slogan CERDIK

Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim punya cara mudah mencegah diabetes melitus. Apa itu?

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: M Ismunadi
Bangka Pos/dokumentasi
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim menyebut, berbagai upaya untuk mencegah penyakit komorbid atau penyakit bawaan seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung, dan ginjal.

Kata Hakim, sebenarnya mudah mencegahnya dan telah lama disosialisasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Bagi yang tidak atau belum menderita penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung, dan ginjal, cukup dengan menerapkan slogan CERDIK sehari-hari.

C=Cek kesehatan secara berkala,
E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktifitas fisik,
D=Diet sehat dengan kalori seimbang,
I=Istirahat cukup dan
K= Kelola stress.

"Cerdik akan sangat membantu mencegah penyakit diatas. Bagi yang terlanjur sakit, maka dianjurkan selalu cek kesehatan secara teratur. Masyarakat yg menderira penyakit tsb dapat memanfaatkan program Prolanis (program pengelolaan penyakit kronis) BPJS kesehatan yang ada diseluruh fasilitas kesehatan," ujar Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (21/7/2021).

Hakim menuturkan, apabila empat penyakit kronis ini terkontrol, sebaiknya kontrol dokter umum minimal sebulan sekali dan kunjungan dokter spesialis tiap 3 bulan.

"Akan lebih baik lagi apabila seluruh masyarakat mulai menerapkan Germas atau gerakan masyarakat hidup sehat," sebunya

Adapaun gerakan hidup sehat diantaranya:
1.Melakukan Aktivitas Fisik
2. Makan Buah dan Sayur
3. Tidak Merokok
4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
5. Melakukan Cek Kesehatan Berkala
6.Menjaga Kebersihan Lingkungan
7. Menggunakan jamban.

Menurutnya, penyakit ini tidak disertai dengan gejala yang terlihat jelas sehingga seringkali luput dari perhatian kita dan baru disadari setelah adanya komplikasi.

"Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala sehingga penyakit ini dapat diketahui atau dideteksi dan juga mencegah diabetes melitus, serta dapat ditata laksana sejak dini untuk mencegah terjadinya komplikasi," tuturnya.

Hakim menambahkan, penderita Diabetes Melitus harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang atau dapat pula dengan perhitungan nutrisi yang sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan serta dibuat dalam jadwal dan susunan makanan harian. Hal tersebut bisa didapatkan dari perhitungan Dokter Spesialis Gizi.

"Latihan jasmani untuk penderita penyakit ini adalah yang bersifat aerobic teratur (jalan kaki, sepeda, jogging, berenang) dan dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali per minggu selama 30 menit. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal dan memperbaiki sensitivitas tubuh terhadap hormon Insulin serta menekan produksi zat kimia dalam tubuh yang mengakibatkan peradangan atau inflamasi," bebernya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved