Breaking News:

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Konsumsi pada Sapi Kurban

Dalam rangka memastikan kesehatan dan kelayakan untuk dikonsumsi, Dinas Pangan dan Pertanian kabupaten Bangka lakukan pemeriksaan pada sapi kurban.

Penulis: Magang2 | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra
Petugas Dinas Pangan dan Pertanian melakukan pengecekan dan pemeriksaan daging kurban, Rabu (21/7/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka memastikan kesehatan dan kelayakan untuk dikonsumsi, Dinas Pangan dan Pertanian kabupaten Bangka lakukan pemeriksaan pada sapi kurban.

Saat dijumpai di rumah dinas Bupati Bangka, Rabu (21/7/2021) terlihat beberapa petugas dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka sedang melakukan pengecekan kelayakan pada daging kurban.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan Dan Pertanian kabupaten Bangka, Krisna Ningsih menyebutkan bahwa sapi kurban yang disembelih di rumah dinas Bupati Bangka sebagian besar dinyatakan layak untuk dikonsumsi.

"Hari ini kita melakukan pemeriksaan di tiga tempat, yakni di rumah dinas Bupati Bangka, RSUD Depati Bahrin Sungailiat dan Masjid Agung Sungailiat," kata Krisna.

Ia memaparkan pahwa pemeriksaan dilakukan pada bagian-bagian tertentu saja seperti hati, ginjal, jantung dan limpa.

"Nanti apabila kita temukan cacing di bagian tersebut, kalau sedikit nanti kita potong dan buang bagian yang ada cacingnya. Namun kalau banyak dan sudah menginfeksi seluruh bagian, maka langsung kita musnakan karena tidak layak konsumsi," jelasnya.

Meski demikian, Krisna mengatakan bahwa bahwa bagian-bagian tersebut tidak akan mempengaruhi kondisi daging sapi.

"Kalau dagingnya tetap boleh dikonsumsi," ujarnya.

Krisna juga menambahkan bahwa dari kemarin sampai hari ini pihaknya belum menemukan sapi yang dinyatakan tidak layak konsumsi.

"Kemarin juga kita sudah ngecek di masjid-masjid di kecamatan Sungailiat, dan Alhamdulillah semuanya aman dan layak untuk dikonsumsi," sambung Krisna.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved