Breaking News:

Dominan Diabetes dan Hipertensi Dalam Kasus Konfirmasi Covid-19 Meninggal Dunia di Bangka Tengah

Rata-rata pasien positif covid-19 yang meninggal merupakan masyarakat dengan usia lanjut dan  pasien yang mengalami komorbid atau penyakit penyerta.

Penulis: Sela Agustika | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Sela Agustika
Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Zaitun. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Penambahan kasus meninggal pasien positif covid-19 di Kabupaten Bangka Tengah terus terjadi penambahan. Hingga Selasa, (20/7/2021) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah mencatat total pasien covid-19 yang meninggal sebanyak 53 orang.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah Zaitun mengatakan, rata-rata pasien positif covid-19 yang meninggal merupakan masyarakat dengan usia lanjut dan  pasien yang mengalami komorbid atau penyakit penyerta.

"Angka pasien covid-19 yang meninggal memang saat ini semakin tinggi, dan rata-rata pasien yang meninggal ini memiliki penyakit penyerta, seperti diabetes dan Hipertensi (darah tinggi) yang paling banyak kasus meninggal,"kata Zaitu kepada Bangkapos.com, Rabu (21/7/2021).

Ia menuturkan, dari data yang dicatat pihaknya, perempuan merupakan pasien yang  lebih banyak meninggal karena positif covid-19.

"Memang berdasarkan data, laki-laki merupakan  pasien yang paling banyak terkonfirmasi positif, namun untuk kasus yang meninggal lebih banyak perempuan, dan rentang usia yang meninggal ini rata-rata 55 tahun sampai 69 tahun sebanyak 30 orang, usia 45 tahun sebanyak 11 orang, kurang dari 70 tahun 8 orang, dan usia 20 tahun hingga 44 tahun sebanyak 7 orang," ungkap Zaitun.

Kata Zaitun, untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif covid-19 pihaknya pun telah menyediakan rumah karantina tambahan dan ruang isolasi di rumah sakit.

"Memang saat ini kasus positif terus bertambah dan kondisi rumah karantina dan isolasipun sudah penuh, namun kami sudah antisipasi, di mana kami sudah menambah 6 rumah karantina, dan 15 tempat tidur yang insyaallah minggu ini siap untuk digunakan,"ujar Zaitun.

Dengan perkembangan kasus Covid-19 yang terus meningkatan dan ketersedian ruangan yang sudah terisi penuh, ia pun meminta agar  penerapan protokol kesehatan 5 M terus diutamakan.
"Kita sangt berharap semua lintas sektor juga saling berkoordinasi dan mengajak masyarakat untuk taat prokes, khsusnya menggunakan masker, mengurangi mobilitas, dan lainnya. karena ini menjadi upaya utama dalam menekan kasus covid-19 ini," tutur Zaitun.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved