Breaking News:

Hipertensi Jadi Komorbid Terbanyak Atas Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Bangka Selatan

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi menjadi penyakit penyerta banyaknya kematian terpapar Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan.

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: M Ismunadi
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi menyebutkan hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi menjadi penyakit penyerta banyaknya kematian terpapar Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan.

Hingga Rabu (21/7/2021) total kematian akibat terpapar Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 37 orang.

Supriyadi menyebutkan dari total 37 kasus meninggal dunia akibat Covid-19, hipertensi menjadi penyakit penyerta yang dominan.

"Kalau untuk kematian akibat Covid-19 itu, di Kabupaten Bangka Selatan belum ada yang meninggal murni akibat Covid-19, namun didominasi oleh penyakit penyerta atau disebut sebagai komorbid," ujar Supriyadi.

Selain hipertensi, Supriyadi menyatakan adapula penyakit penyerta lainnya yang menjadi faktor penyebab kematian warga yang terpapar Covid-19 seperti misalnya jantung, diabetes dan juga sesak nafas berat.

Mengenai batas usia yang meninggal di Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi menyebutkan jika kebanyakan kasus kematian akibat Covid-19 banyak terjadi pada usia di atas 55 tahun.

"Untuk batasan usia, kebanyakan yang meninggal dunia itu di atas usia 55 tahun. Namun demikian untuk usia yang di bawah 55 tahun agar tetap mengantisipasi karena Covid-19 ini tidak mengenal usia dalam penyebarannya," ujarnya.

Supriyadi menegaskan jika penerapan protokol kesehatan secara ketat merupakan kunci pencegahan penyebaran Covid-19 secara luas dan massif.

Penerapan 5M lanjut Supriyadi jika betul-betul direalisasikan maka dapat mencegah terjadinya perluasan kasus sekaligus menjadian penyebaran semakin banyak. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved